HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS, INTELIGENSI DAN PRESTASI AKADEMIK. Suatu Studi Pada Sekolah Dasar Mutiara Indonesia

RENDRA, RENDRA (2002) HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS, INTELIGENSI DAN PRESTASI AKADEMIK. Suatu Studi Pada Sekolah Dasar Mutiara Indonesia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasi akademik merupakan salah satu bentuk penilaian untuk siswa dalam bidang akademik. Seorang siswa yang berhasil dalam bidang akademik, cenderung dianggap siswa cerdas atau mempunyai tingkat inteligensi yang tinggi. Namun demikian, faktor kreativitas juga berpengaruh dalam prestasi akademik. Dengan kemampuan kreativitas siswa dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan berbagai cara unik dan baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar hubungan antara kreativitas, inteligensi dan prestasi akademik dalam lingkungan sekolah dasar. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 33 siswa sekolah dasar Mutiara Indonesia di Bekasi. Untuk memperoleh data penelitian digunakan alat tes kreativitas verbal, tes kreativitas figural, tes inteligensi CFIT skala 2A, dan rapor dari masing-masing siswa. Hasil perhitungan menunjukkan hubungan positif antara kreativitas, inteligensi, dan prestasi akademik. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat inteligensi dan kreativitasnya, maka semakin tinggi prestasi akademiknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 12 Oct 2018 03:57
Last Modified: 12 Oct 2018 03:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/8580

Actions (login required)

View Item View Item