HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI AKADEMIS SISWA SD. Suatu Studi Pada SD Tarakanita 1 Jakarta

YOHANES, YOHANES (2002) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI AKADEMIS SISWA SD. Suatu Studi Pada SD Tarakanita 1 Jakarta. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi berprestasi merupakan faktor yang penting dalam pendidikan seorang anak berdasarkaan teori Pintrich dan Schunck (1996) dimensi-dimensi tertentu yang mengukur motivasi berprestasi berhubungan positif dengan prestasi akaademis. Penelitian ini berupaya menguji teori apakah motivasi berprestasi berhubungan dengan prestasi akademis siswa, khususnya di Indonesia pada masa kini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan skala Likert. Jumlah subjek yang digunakan adalah 35 siswa (berusia 10 - 11 tahun). Hasil penelitian mengindikasikan bahwa terdapat hubungan positif sedang antara motivasi berprestasi dengan prestasi akademis siswa sekolah dasar. Nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,418 dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Siswa disarankan untuk meningkatkan motivasi berprestasi yang dimilikinya agar mampu mencapai prestasi akademis yang optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 12 Oct 2018 04:04
Last Modified: 12 Oct 2018 04:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/8586

Actions (login required)

View Item View Item