Pelaksanaan terhadap ketentuan larangan mengikutsertakan anal dalam kampanye politik (studi kasus di wilayah Jakarta Utara)

Oktaviany, Ellyza (2010) Pelaksanaan terhadap ketentuan larangan mengikutsertakan anal dalam kampanye politik (studi kasus di wilayah Jakarta Utara). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
8.pdf - Published Version

Download (89kB)

Abstract

(A) Nama : Ellyza Oktaviany (NIM: 205060005). (B) Judul Skripsi : Pelaksanaan Terhadap Ketentuan Larangan Mengikutsertakan Anak Dalam Kampanye Politik (Studi Kasus Di Wilayah Jakarta Utara). (C) Halaman : vii+102+39+2010 (D) Kata Kunci : Anak Dalam Kampanye, Tindak Pidana Pemilu, Hukum Perlindungan Anak. (E) Isi : Reformasi memberikan warna baru ke dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Dalam setiap aktivitas politik ataupun Pemilu lainnya selalu didahului kampanye guna mengumpulkan massa. Dapat dilihat partisipasi politik masyarakat semakin menurun. Banyak pemilih yang berubah menjadi apolitis karena melihat partai hanya sebatas mencari kekuasaan. Mensiasati hal tersebut, anak-anak dipilih untuk menyemarakkan acara kampanye. Larangan mengikutsertakan anak dalam kegiatn politik diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang perlindungan Anak dan Undang-undang Pemilu Nomor 10 Tahun 2008 Tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Apa latar belakang sehingga mengikutsertakan anak dalam kegiatan kampanye politik?. Bagaimana penegakan hukumnya ketika terjadi pelibatan anak dalam kegiatan politik?. Penulis meneliti masalah tersebut dengan menggunakan metode penelitian hukum empiris. Data penelitian memperlihatkan faktor-faktor yang mempengaruhi penegakan hukum tidak berjalan dengan baik. Hal ini mengakibatkan lemahnya penegakan hukum terhadap aturan tersebut. Sebaiknya segera dilakukan perbaikan terhadap faktor-faktor tersebut, sehingga dapat tercipta efektivitas yang bertujuan dicapainya penegakan hukum. Peran serta masyarakat juga sangat berpengaruh. (F) Acuan : 39 (1982-2009) (G) Pembimbing: Dr. Dian Adriawan. Dg. Tawang, SH, MH. (H) Penulis: Ellyza Oktaviany

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 17 May 2017 07:33
Last Modified: 17 May 2017 07:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/890

Actions (login required)

View Item View Item