Gambaran Kolaborasi Antara Guru Sekolah Luar Biasa Bagian B (Tuna Rungu) Dengan Orangtua Murid Yang Berprestasi

Angelia, Angelia (2007) Gambaran Kolaborasi Antara Guru Sekolah Luar Biasa Bagian B (Tuna Rungu) Dengan Orangtua Murid Yang Berprestasi. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Abstrak 134 A.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak tuna rungu adalah tanggung jawab bersama antara orangtua dan guru. Salah satu cara untuk mengoptimalkan pendidikan yang diterima anak tuna rungu adalah dengan kolaborasi antara guru dan orangtua. Dalam kolaborasi, orangtua dan guru dituntut untuk menjadi rekan kerja yang saling menghargai, saling berbagi, dan mengutamakan komunikasi. Kolaborasi dapat meningkatkan prestasi anak di sekolah dan mengembangkan keterampilan anak. Kolaborasi yang terjadi pada setiap subyek penelitian tidak dapat disamakan, karena ada banyak faktor yang mempengaruhi. Subyek penelitian adalah empat orang ibu dari anak tuna rungu yang berprestasi dan lima orang guru yang bertanggung jawab untuk mendidik empat anak mereka. Empat orang anak berprestasi diambil dari dua kelas yang paralel dengan masing-masing kelas dua anak. Penelitian ini menggunakan teknik in-depth interview pada masing-masing subyek. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terjadinya kolaborasi antara guru dan orangtua yang sungguh memberikan pengaruh bagi perkembangan anak tuna rungu. Seluruh subyek dalam penelitian juga mengakui bahwa kolaborasi penting demi masa depan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Denrich Suryadi, M. Psi dan Meiske Y. Suparman, Psi.
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi, Prestasi, Orangtua, Guru
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 01 Feb 2019 06:40
Last Modified: 13 Jul 2022 02:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/9892

Actions (login required)

View Item View Item