Hubungan Dukungan Sosial dengan Psychological Well-Being pada Mahasiswa Kedokteran Dewasa Awal

Hilke, Angelica (2020) Hubungan Dukungan Sosial dengan Psychological Well-Being pada Mahasiswa Kedokteran Dewasa Awal. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT1215.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Psychological well-being merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan setiap waktu. Psychological well-being adalah kumpulan fungsi positif psikologis manusia dengan menerima diri sendiri, memiliki hubungan positif dengan orang lain, memiliki otonomi, mampu menguasai lingkungan, memiliki tujuan hidup, dan adanya pertumbuhan pribadi. Dukungan sosial dapat menjaga psychological well- being individu agar tetap baik. Dukungan sosial adalah memberikan kenyamanan, perhatian, dan bantuan dari orang lain kepada individu sehingga individu merasa dicintai dan berharga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan psychological well-being pada mahasiswa kedokteran. Subyek dalam penelitian ini adalah 420 mahasiswa kedokteran yang berusia 18-21 tahun dan berkuliah di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan bentuk non-eksperimental. Proses pengambilan data menggunakan kuesioner yang terdiri dari alat ukur dukungan sosial oleh Cohen dan Hoberman serta psychological well-being oleh Ryff. Penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan sosial memiliki hubungan positif yang signifikan dengan psychological well-being dengan r=0.526, p=0.000<0.05 sehingga semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi pula psychological well-being mahasiswa kedokteran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: social support, psychological well-being, undergraduate medical students, eary adult
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 16 Jan 2020 08:14
Last Modified: 16 Jan 2020 08:14
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12574

Actions (login required)

View Item View Item