Gambaran Kualitas Kehidupan Sekolah pada Pelajar SMA yang Menderita Buta Warna Bawaan

Vinson Gozaly, Arnoldus (2020) Gambaran Kualitas Kehidupan Sekolah pada Pelajar SMA yang Menderita Buta Warna Bawaan. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRACT1228.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Buta warna bawaan berdampak cukup parah pada kualitas kehidupan sekolah, terutama bagi pelajar Sekolah Menengah Atas yang baru menyadari kondisinya. Walaupun hasil penelitian menunjukkan kualitas buruk pada kehidupan sekolah pelajar SMA yang menderita buta warna, namun masih ada penderita buta warna yang berhasil meraih masa depan sesuai dengan keinginannya Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kualitas kehidupan sekolah pada pelajar SMA yang menderita buta warna bawaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik criterion sampling. Proses wawancara dilakukan sejak 2 Mei 2019 hingga 11 Juni 2019. Wawancara dengan keempat subyek dilakukan sebanyak dua kali. Setiap proses wawancara, peneliti menghabiskan waktu antara 40 sampai 60 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat subyek kualitas kehidupan sekolah yang cukup baik. Walaupun terdapat dimensi kualitas kehidupan sekolah yang tidak terpenuhi oleh semua subyek. Dimensi yang sama sekali tidak terpenuhi oleh setiap subyek adalah dimensi prestasi dan dimensi petualangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Kehidupan Sekolah, Pelajar SMA, Buta Warna Bawaan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 16 Jan 2020 10:00
Last Modified: 16 Jan 2020 10:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12587

Actions (login required)

View Item View Item