HUBUNGAN KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI DENGAN KEJADIAN STUNTING USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAWAH LEBAR KOTA BENGKULU PERIODE JANUARI-FEBRUARI 2019

NOPRATIWI, Zera (2019) HUBUNGAN KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI DENGAN KEJADIAN STUNTING USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAWAH LEBAR KOTA BENGKULU PERIODE JANUARI-FEBRUARI 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1-ZERA NOPRATIWI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
2-ZERA NOPRATIWI.pdf

Download (151kB)

Abstract

Stunting merupakan masalah kesehatan di Indonesia dengan prevalensi 30,8%. Stunting memiliki banyak dampak jangka pendek dan jangka panjang, dan disebabkan oleh berbagai faktor selain kurangnya asupan nutrisi, seperti pengetahuan, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, pola asuh, dan jumlah anggota keluarga. Penelitian ini bertujuan menelusuri angka kejadian stunting dan hubungan faktor sosial ekonomi terhadap stunting anak usia 6-24 bulan di Puskesmas Sawah Lebar Kota Bengkulu periode Januari-Februari 2019. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan desain cross sectional, dan dilaksanakan selama JanuariFebruari 2019. Data diambil dengan wawancara, kuisioner, dan pengukuran antropometri. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program statistik. Sejumlah 138 subjek diinklusikan ke dalam penelitian ini. Prevalensi stunting pada subjek adalah 30,4%, dan karakteristik sosioekonomi terbanyak adalah menengah ke bawah. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kejadian stunting adalah pendidikan ibu dan ayah, pekerjaan ibu, pendapatan keluarga, jenis kepemilikan tempat tinggal, pengasuh anak, ASI eksklusif, pengetahuan usia ASI eksklusif, pemberian makan rutin dan teratur, pemberian MPASI dan susu formula, sumber gizi, jamban yang berada dalam rumah, kebiasaan ibu mencuci tangan sebelum memberi makan dan anak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan (p<0,05). Status sosioekonomi ditemukan berpengaruh terhadap kejadian stunting. Penting agar orang tua menerapkan pola asuh yang baik dan orang tua diberikan pendidikan yang lebih baik untuk mencegah stunting pada anak 6-24 bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pambudi, Wiyarni
Uncontrolled Keywords: Stunting, bayi 6-24 bulan, faktor-faktor sosioekonomi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2021 06:07
Last Modified: 23 Apr 2021 06:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15161

Actions (login required)

View Item View Item