HUBUNGAN RASIO LINGKAR PINGGANG DENGAN TINGGI BADAN TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI PADA PETUGAS SEKURITI UNIVERSITAS TARUMANAGARA

ISTIKANTO, FERDIAN HARUM (2019) HUBUNGAN RASIO LINGKAR PINGGANG DENGAN TINGGI BADAN TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI PADA PETUGAS SEKURITI UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (257kB)
[img] Text
1.pdf

Download (14kB)
[img] Text
2.pdf

Download (277kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (103kB)
[img] Text
end.pdf

Download (415kB)

Abstract

Hipertensi merupakan masalah kesehatan yang hingga saat ini masih menjadi salah satu penyebab utama kematian terbesar. Berdasarkan data dari WHO tahun 2008, didapatkan prevalensi hipertensi di dunia sebesar 40%, sedangkan di Indonesia, berdasarkan Riskesdas 2018, didapatkan prevalensi sebesar 34,1%, khususnya untuk wilayah DKI Jakarta, prevalensi hipertensi mencapai sekitar 33%. 3 Pemeriksaan rasio lingkar pinggang terhadap tinggi badan merupakan salah satu pemeriksaan antropometri yang dapat digunakan untuk menentukan obesitas sentral. 11 Petugas sekuriti merupakan kelompok yang rentan terhadap hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara rasio lingkar pinggang dengan tinggi badan terhadap kejadian hipertensi pada petugas sekuriti Universitas Tarumanagara. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan design cross sectional dengan jumlah subjek 91 orang petugas sekuriti di Universitas Tarumanagara dan pengambilan sample dilakukan dengan cara consecutive sampling. Pengambilan data tekanan darah menggunakan sphygmomanometer, sedangkan untuk pengambilan data rasio lingkar pinggang terhadap tinggi badan dilakukan dengan mengukur lingkar pinggang dan tinggi badan subjek dan membagi hasil pengukuran lingkar pinggang tersebut dengan hasil pengukuran tinggi badan. Semua pengukuran dilakukan sebanyak 2 kali dan diambil nilai rata ratanya. Analisis statistik menggunakan uji chi-square dengan tingkat kemaknaan 90% (p<0,1). Didapatkan lebih dari 50% subjek berusia 18-30 tahun dengan ratarata usia 30,43 tahun, 56% subjek memiliki rasio lingkar pinggang terhadap tinggi badan ≥0,5 dan 49,5% subjek menderita hipertensi. Didapatkan hubungan yang bermakna secara statistik antara rasio lingkar pinggang dengan tinggi badan terhadap hipertensi (p=0,006).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Frisca
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, rasio lingkar pinggang terhadap tinggi badan, lingkar pinggang, petugas sekur
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:14
Last Modified: 23 Apr 2021 04:14
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15375

Actions (login required)

View Item View Item