Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Konsumen Apartemen LA City Yang Tidak Memperoleh Unit Apartemen Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

Fazrin, Achmad (2020) Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Konsumen Apartemen LA City Yang Tidak Memperoleh Unit Apartemen Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (76kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)

Abstract

Sengketa konsumen sering terjadi selain banyak konsumen yang tidak mengetahui hak-haknya, juga karena kedudukan konsumen yang tidak seimbang dimana konsumen berada diposisi yang lemah. Di dalam penulisan ini konsumen tidak memperoleh unit apartemen yang dibelinya padahal konsumen telah memenuhi kewajibannya sebagai konsumen yang beritikad baik dangan membayar unit apartemen sesuai yang disepakati, maka sudah seharusnya PT Spekta Properti Indonesia selaku pelaku usaha melaksanakan kewajibannya dalam menjalankan kegiata usahanya yang menghasilkan barang yakni unit apartemen dengan menyerahkan unit apartemen kepada konsumen. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah bagaimana tanggung jawab pelaku usaha yang tidak menyerahkan unit apartemen kepada konsumen berdasarkan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Penulisan ini menggunakan metode penelitian hukum untuk keperluan akademis dengan pendekatan perundang-undangan, jenis bahan hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer dan diperkuat dengan bahan hukum skunder yaitu data wawancara. Hasil penelitian bahwa pelaku usaha tidak bertanggung jawab karena konsumen tidak memperoleh unit apartemen yang dibelinya, maka berdasarkan Pasal 19 Ayat (1) UUPK pelaku usaha harus bertanggung jawab kerugian atas kerugian konsumen, pemberian ganti rugi yang diderita konsumen berdasarkan Pasal 19Ayat (2) UUPK. Sebagai bentuk tanggung jawab pelaku usaha harus menyerahkan unit apartemen yang dibeli oleh konsumen dan menaati Pasal 19 Ayat (1) UUPK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Dra. Siti Nurbaiti, S. H., M. H.
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab, Konsumen, Pelaku usaha.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 20 Apr 2021 05:30
Last Modified: 20 Apr 2021 05:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/15420

Actions (login required)

View Item View Item