Analisis pengaruh karakteristik perjalanan belanja terhadap pilihan lokasi belanja kebutuhan sehari-hari di jabodetabek (TS - 2514)

Anggita, Pamela (2019) Analisis pengaruh karakteristik perjalanan belanja terhadap pilihan lokasi belanja kebutuhan sehari-hari di jabodetabek (TS - 2514). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
325150140_Pamela Anggita_01 Cover.pdf

Download (60kB)
[img] Text
325150140_Pamela Anggita_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (8kB)
[img] Text
325150140_Pamela Anggita_04 Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
325150140_Pamela Anggita_03 Kata Pengantar.pdf

Download (15kB)
[img] Text
325150140_Pamela Anggita_05 Lembar Pernyataan.pdf

Download (8kB)

Abstract

Transportasi terjadi karena adanya keharusan manusia untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak dapat dipenuhi ditempatnya saat itu berada. Kegiatan berbelanja kebutuhan sehari-hari merupakan salah satu aktivitas pemenuhan kebutuhan yang dilakukan secara rutin. Tanpa disadari perjalanan belanja merupakan salah satu variabel penting yang berpotensi untuk meningkatkan jumlah perjalanan lalu lintas. Wilayah jabodetabek merupakan kawasan dengan perkembangan penduduk dan teknologi terpesat di Indonesia. Perkembangan teknologi baru dan tren konsumsi memiliki dampak penting terhadap perilaku perjalanan belanja. Karakteristik perjalanan belanja dibagi menjadi dua bagian yaitu karakteristik belanja dan karakteristik toko penyedia kebutuhan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui variabel yang paling mempengaruhi perjalanan belanja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat ukur kuesioner yang disebarkan secara langsung dan secara online. Didapatkan sebanyak lima puluh enam responden untuk kuesioner langsung dan enam puluh sembilan responden untuk kuesioner online. Data dianalisis menggunakan one sample t-test dan korelasi pearson untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor-faktor yang diduga mempengaruhi pilihan lokasi belanja kebutuhan sehari-hari dan latar belakang responden terhadap pilihan lokasi belanja. Berdasarkan hasil penelitian, jenis produk belanja memiliki pengaruh paling besar dalam pemilihan lokasi belanja kebutuhan sehari-hari. Jika dibandingkan dengan responden pria, hal tersebut paling berpengaruh kepada responden wanita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 21 Apr 2021 10:21
Last Modified: 26 Jul 2021 23:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/16838

Actions (login required)

View Item View Item