Perancangan video kampanye sosial mengenai "body shaming" di media sosial (DKV - 2519)

Pranata, Descrian Samuel (2019) Perancangan video kampanye sosial mengenai "body shaming" di media sosial (DKV - 2519). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
625150005_Desscrian Samuel_01 Cover.pdf

Download (48kB)
[img] Text
625150005_Desscrian Samuel_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (49kB)
[img] Text
625150005_Desscrian Samuel_03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (52kB)
[img] Text
625150005_Desscrian Samuel_04 Abstrak.pdf

Download (55kB)

Abstract

Body Shaming merupakan kekerasan verbal dengan mengomentari fisik orang lain secara negatif. Di Indonesia sendiri terdapat 966 kasus baru dan baru 374 kasus yang dapat diselesaikan. Salah satu penyebab bullying ini terjadi karena ketidaktahuan seseorang akan dampak yang dirasakan oleh korbannya melalui kekerasan ini. Meskipun kekerasan ini terdengar baru di telinga masyarakat, harus dilakukan tindakan pencegahan agar kekerasan ini semakin diketahui masyarakat dan tidak berkepanjangan. Dalam perancangan ini penulis membuat kampanye sosial berbentuk short movie yang tujuan utamanya adalah mengedukasi target audience yaitu dewasa muda agar semakin ebrhati-hati dalam berkomentar di media sosial. Cerita yang dipilih berlokasikan di lingkungan kampus agar semakin relate dengan kehidupan seseorang sehari-harinya. Video kampanye sosial ini terbagi atas dua bagian yaitu penjelasan body shaming terhadap pria dan wanita, masing-masing durasi dari short movie ini adalah 6 menit. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode studi pustaka dan dilanjutkan dengan wawancara survey guna untuk memperkuat data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 23 Apr 2021 15:31
Last Modified: 06 Jul 2021 10:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/19703

Actions (login required)

View Item View Item