Perancangan ulang desain kemasan lulur mandi Sumber Ayu (DKV - 2497)

Debbie, Debbie (2019) Perancangan ulang desain kemasan lulur mandi Sumber Ayu (DKV - 2497). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
625150034_Debbie_01 Cover.pdf

Download (51kB)
[img] Text
625150034_Debbie_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (52kB)
[img] Text
625150034_Debbie_04 Abstrak.pdf

Download (93kB)
[img] Text
625150034_Debbie_03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (56kB)

Abstract

Indonesia adalah negara yang punya beragam suku dengan budaya dan ciri geografis yang berbeda. Di industri kecantikan Indonesia sendiri, salah satu produk paling populer dengan pendapatan tertinggi adalah produk pemutih kulit. Hal ini menunjukkan bahwa ada banyak pemintaan dari pasar Indonesia yang menginginkan kulit lebih cerah. Indonesia sejak lama dikenal memiliki ragam rempah-rempah alami dan flora yang dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit wanita. Perawatan spa tradisional sudah merupakan tradisi masyarakat Betawi, salah satunya adalah Tangas Betawi. Namun, seiring berkembangnya zaman karena alasan waktu dan efisiensi maka mulai bermunculan produk-produk spa yang bisa digunakan dirumah, yaitu lulur. Terdapat banyak produk lulur yang beredar di Indonesia. salah satunya adalah lulur Sumber Ayu. Peningkatan penjualan dan minat beli Iulur di industri tidak terjadi pada merek Sumber Ayu. Berdasarkan data penjualan dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2012 telah terjadi penurunan penjualan sebesar 23% pada tahun 2011 dan 18% pada tahun 2012 jika dilakukan perbandingan terhadap tahun 2010. Berdasarkan pertemuan manajemen maka didapatkan kesimpulan bahwa terjadi permasalahan kualitas produk sehingga belum dapat membangun brand trust. Juga didukung dengan banyaknya pesaing yang sudah lebih dulu membangun kepercayaan brandnya terhadap konsumen. Dalam rangka perayaan ulang tahun kota Jakarta yang jatuh pada 22 Juni, akan dilakukan repackage atau pengemasan ulang lulur mandi sumber ayu dengan konsep kesenain budaya betawi yaitu tari lenggang nyai. Pengemasan ulang ini bertujuan untuk membangun trust brand sumber ayu dan sekaligus untuk memperkenalkan tari betawi lenggang nyai kepada pembeli. Hal ini didukung oleh hasil survey kuantitatif dimana belum banyaknya masyarakat Jakarta yang mengetahui budaya tari lenggang nyai ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 23 Apr 2021 15:45
Last Modified: 09 Jul 2021 16:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/19741

Actions (login required)

View Item View Item