PENGARUH KOMITMEN WIRAUSAHA TERHADAP KINERJA WIRAUSAHA DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA UKM BIDANG KULINER DI WILAYAH JAKARTA BARAT

Gunawan, Daniel (2018) PENGARUH KOMITMEN WIRAUSAHA TERHADAP KINERJA WIRAUSAHA DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA UKM BIDANG KULINER DI WILAYAH JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Daniel Gunawan 115140260 Abstrak.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi antara komitmen afektif, komitmen normatif, dan komitmen berkelanjutan terhadap komitmen wirausaha. Demikian juga untuk menguji pengaruh yang terjadi antara komitmen wirausaha terhadap motivasi dan pengaruh antara motivasi terhadap kinerja wirausaha serta ingin mengetahui apakah variabel motivasi dapat menjadi mediasi pada variabel komitmen wirausaha dan variabel kinerja wirausaha pada UKM bidang kuliner di Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana data dikumpulkan oleh peneliti melalui survei secara langsung kepada calon responden dengan memberikan kuesioner terhadap 60 responden UKM bidang kuliner di Jakarta Barat. Metode analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah PLS-SEM yang dikalkulasi melalui perangkat lunak SmartPLS 3 dengan metode bootstrapping untuk mengukur tingkat signifikansinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pada komitmen afektif, komitmen normatif, dan komitmen berkelanjutan terhadap komitmen wirausaha, komitmen wirausaha terhadap motivasi, dan motivasi terhadap kinerja wirausaha, serta variabel motivasi secara signifikan dapat memediasi variabel komitmen wirausaha terhadap kinerja wirausaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 26 Apr 2021 03:41
Last Modified: 26 Apr 2021 03:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/21517

Actions (login required)

View Item View Item