PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN BLACKBERRY (RUBUS Sp) TERHADAP KADAR GSH DARAH DAN PARU TIKUS SPRAGUE DAWLEY YANG DIINDUKSI HIPOKSIA

PUTRA, CAESARIZKY AGRIYANDITA (2020) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN BLACKBERRY (RUBUS Sp) TERHADAP KADAR GSH DARAH DAN PARU TIKUS SPRAGUE DAWLEY YANG DIINDUKSI HIPOKSIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (270kB)
[img] Text
1.pdf

Download (194kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
6.pdf

Download (183kB)
[img] Text
ref.pdf

Download (196kB)
[img] Text
lamp.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saat hipoksia tubuh tidak mendapatkan suplai oksigen menyebabkan stress oksidatif sehingga membuat ROS dan antioksidan menjadi tidak seimbang yang akhirnya membuat kerusakan oksidatif jaringan. Kerusakan ini menyebabkan penurunan kadar GSH (antioksidan endogen), sehingga dibutuhkan antioksidan eksogen seperti daun Blackberry (Rubus Sp). Dalam penelitian ini, dilakukan dua macam uji untuk mengetahui pengaruh daun blackberry tersebut, yaitu uji secara in vitro : uji fitokimia, uji kapasitas antioksidan, Kadar Fenolik Total, Kadar Alkaloid Total, uji toksisitas dan uji secara in vivo : uji kadar GSH menggunakan metode ellman yang dilakukan pada tikus Sprague-Dawley yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang dicekok ekstrak daun Blackberry dan kelompok yang tidak dicekok ekstrak daun blackberry. Setiap kelompok dibagi menjadi empat subkelompok yaitu normoksia, hipoksia 1 hari, 7 hari dan 14 hari. Dari hasil penelitian: uji fitokimia mengandung alkaloids, anthocyanin dan betacyanin, cardio glycosides, coumarins, flavonoids, glycosides, phenolics, quinones, saponins, steroids, terpenoids dan tannins; uji kapasitas antioksidan (IC50 = 4,78 µg/mL); total phenolics content (668,63 µg/mL); total alkaloids content (76,90 µg/mL) dan uji toksisitas (LC50 = 72,44 µg/mL). Kadar GSH darah dan organ paru pada kelompok tikus yang dicekok maupun pada kelomok tikus yang tidak dicekok didapatkan penurunan seiring lamanya perlakuan hipoksia dan menunjukkan hasil yang lebih tinggi pada kelompok tikus yang dicekok dibandingkan kelomok tikus yang tidak dicekok. Ada hubungan korelasi yang kuat antara GSH darah dan organ paru. Pada histopatologi paru tampak kerusakan yang lebih parah pada kelompok tikus yang tidak dicekok dibandingkan pada kelompok tikus yang dicekok karena terdapat akumulasi sel mononuklear yang menyebar luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Limanan, David
Uncontrolled Keywords: Hipoksia, ROS, stres oksidatif, GSH , darah, paru, daun Blackberry
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 25 Jun 2021 12:57
Last Modified: 25 Jun 2021 12:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/21694

Actions (login required)

View Item View Item