ANALISIS OPERATING CASH FLOW UNTUK MENDETEKSI MANIPULASI AKTIVITAS RIIL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PASAR (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 – 2019)

Djauhari, Melina (2021) ANALISIS OPERATING CASH FLOW UNTUK MENDETEKSI MANIPULASI AKTIVITAS RIIL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PASAR (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 – 2019). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Melina Djauhari 125170043 JA.pdf

Download (605kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah manipulasi aktivitas riil dapat dideteksi melalui arus kas aktivitas operasi dan bagaimana pengaruh manipulasi aktivitas riil terhadap kinerja pasar pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2017-2019. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling dan data yang valid adalah 152 data. Teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi data panel yang dibantu oleh program EViews (Econometrical Views) versi 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manipulasi aktivitas riil dapat dideteksi melalui arus kas aktivitas operasi dan manipulasi aktivitas riil memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja pasar. Implikasi dari penelitian ini adalah investor dapat melakukan evaluasi lebih mendalam terhadap kinerja pasar suatu perusahaan sebelum mengambil keputusan berinvestasi dan penelitian ini dapat menjadi referensi atau bahan pertimbangan bagi para manajer perusahaan yang ingin melakukan manajemen laba, terutama melalui manipulasi aktivitas riil. Kata Kunci: Manipulasi Aktivitas Riil, Kinerja Pasar, Arus Kas Aktivitas Operasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 27 Apr 2021 05:48
Last Modified: 27 Apr 2021 05:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/23220

Actions (login required)

View Item View Item