Ciayandi, Andrew (2020) Perancangan Chatbot untuk Informasi Universitas Tarumanagara dengan Pendekatan Natural Language Processing. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
535160062_Andrew Ciayandi_01 Cover.pdf Download (235kB) |
|
Text
535160062_Andrew Ciayandi_02 Lembar Pengesahan.pdf Download (95kB) |
|
Text
535160062_Andrew Ciayandi_03 Lembar Pernyataan.pdf Download (143kB) |
|
Text
535160062_Andrew Ciayandi_04 Abstrak.pdf Download (232kB) |
|
Text
535160062_Andrew Ciayandi_05 Kata Pengantar.pdf Download (149kB) |
|
Text
535160062_Andrew Ciayandi_06 Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf Download (290kB) |
|
Text
535160062_Andrew Ciayandi_07 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
Text
535160062_Andrew Ciayandi_08 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) |
|
Text
535160062_Andrew Ciayandi_09 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (779kB) |
|
Text
535160062_Andrew Ciayandi_10 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
|
Text
535160062_Andrew Ciayandi_11 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
|
Text
535160062_Andrew Ciayandi_12 Daftar Pustaka.pdf Download (207kB) |
|
Text
535160062_Andrew Ciayandi_13 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
535160062_Andrew Ciayandi_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
Abstract
Natural Language Processing atau NLP merupakan salah satu cabang ilmu dari Artificial intelligence yang berfokus pada pengolahan bahasa natural. Salah satu dari pemanfaatan dari NLP ini adalah dalam bidang customer service berbentuk chatbot. Universitas Tarumanagara sendiri telah memiliki customer service dengan nama Admisi Tarumanagara. Admisi saat ini dapat dihubungi melalui telephone atau mengirimkan pesan email. Pembuatan Chatbot akan menambah cara untuk mendapatkan informasi tentang Universitas Tarumanagara. Chatbot merupakan program komputer yang berbasis artificial intelligence yang dapat mensimulasikan percakapan antar manusia. Sistem yang dibuat adalah sistem Retrieval Based Chatbot yang dapat mengenali pertanyaan pengguna dan menjawab pertanyaan pengguna secara langsung. Pembuatan sistem chatbot akan menggunakan model dengan metode Multilayer Perceptron. Proses untuk sistem akan melalui dua tahap yaitu tahap preprocessing dan tahap pengenalan. Tahap preprocessing terdiri dari case lowering, tokenizing, dan stemming. Setelah itu model dibuat dan dilakukan tahap pengenalan terhadap model yang telah dilatih. Model yang telah dilatih memiliki akurasi dengan nilai 80 persen dan nilai F-1 dengan nilai 86 persen. Pengujian dengan meminta feedback user juga telah memberikan hasil dengan nilai 72,4 persen mengatakan bahwa chatbot dapat menjawab beberapa pertanyaan user, namun chatbot masih memiliki beberapa kekurangan seperti jumlah pengetahuan yang dimiliki. Chatbot dapat diakses melalui LINE ID @764vvcfm. Kata Kunci : Multilayer Perceptron, Neural Network, Retrieval Based Chatbot, Universitas Tarumanagara
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multilayer Perceptron, Neural Network, Retrieval Based Chatbot, Universitas Tarumanagara |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Informatika |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 16:29 |
Last Modified: | 06 Aug 2021 07:41 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/23964 |
Actions (login required)
View Item |