PERBANDINGAN HASIL PRESTASI AKADEMIS MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA BERDASARKAN HASIL SKRINING RISIKO DISLEKSIA

PARAMITHA, ANAK AGUNG AYU GOTRI (2018) PERBANDINGAN HASIL PRESTASI AKADEMIS MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA BERDASARKAN HASIL SKRINING RISIKO DISLEKSIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
TOP.pdf

Download (513kB)
[img] Text
1.pdf

Download (112kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
6.pdf

Download (105kB)
[img] Text
REF.pdf

Download (108kB)
[img] Text
LAMP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesulitan belajar merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan penurunan prestasi dalam pencapaian akademis, salah satu kesulitan belajar spesifik adalah disleksia. Angka kejadian disleksia sekitar 10% dari seluruh total populasi dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara risiko disleksia dengan prestasi akademis mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode analitik cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli- Desember 2017 dengan melibatkan 745 responden mahasiswa Fakutas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2014-2017. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling, Pengumpulan data diperoleh dari hasil pengisian kuesioner skrining risiko disleksia. Indikator prestasi belajar adalah jumlah kelulusan blok yang telah dilalui mahasiswa sesuai dengan angkatannya. Pada penelitian ini didapatkan sebaran prestasi akademis Mahasiswa Fakultas Kedoteran Universitas Tarumanagara berdasarkan hasil skrining berisiko disleksia didapatkkan jumlah kelulusan blok pada mahasiswa berisiko disleksia sebanyak 98 (40,7%) responden sesuai dengan angkatannya sedangkan sisanya 143 (59,3%) responden tidak sesuai dengan angkatannya. Mahasiswa dengan hasil skrining berisiko disleksia memiliki risiko 1,5 kali lebih berisiko menjalani blok tidak sesuai dengan angkatannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pambudi, Wiyarni
Uncontrolled Keywords: risiko disleksia, kelulusan blok, mahasiswa fakultas kedokteran
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 30 Jul 2021 02:31
Last Modified: 30 Jul 2021 02:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/24678

Actions (login required)

View Item View Item