HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TERKAIT LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA

WILYO, FEBRI ANGREANI (2019) HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TERKAIT LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
top.pdf

Download (384kB)
[img] Text
1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
6.pdf

Download (211kB)
[img] Text
lamp.pdf

Download (941kB)
[img] Text
ref.pdf

Download (340kB)

Abstract

Lingkungan pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar. Persepsi mahasiswa terkait lingkungan pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga diperoleh hasil belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi mahasiswa terkait lingkungan pembelajaran dan hubungannya dengan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada 165 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2017 semester 4, dengan menggunakan desain cross sectional. Data persepsi terkait lingkungan pembelajaran diperoleh dari kuesioner Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM). Sebanyak 155 mahasiswa (93,9%) mempersepsikan lingkungan pembelajaran lebih banyak hal positif daripada negatif, diikuti 8 mahasiswa (4,8%) mempersepsikan sangat memuaskan, dan 2 mahasiswa (1,2%) mempersepsikannya terdapat masalah. Hasil belajar dengan nilai IPK sangat memuaskan diperoleh sebanyak 128 mahasiswa (77,6%), diikuti 34 mahasiswa (20,6%) memperoleh nilai IPK dengan pujian dan 3 mahasiswa (1,8%) dengan nilai IPK memuaskan. Mayoritas responden memiliki persepsi positif terkait semua aspek persepsi lingkungan pembelajaran yang meliputi persepsi terhadap proses pembelajaran, persepsi terhadap dosen, persepsi terhadap atmosfer akademik, persepsi terhadap kehidupan sosial dan persepsi terhadap kemampuan akademik. Pada penelitian ini tidak diperoleh hubungan yang bermakna antara persepsi mahasiswa terkait lingkungan pembelajaran dengan hasil belajar (p > 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Irawaty, Enny
Uncontrolled Keywords: lingkungan pembelajaran, hasil belajar, mahasiswa kedokteran, DREEM
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 07 May 2021 03:31
Last Modified: 07 May 2021 03:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/24827

Actions (login required)

View Item View Item