HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP TINGKAT KEYAKINAN IBU DALAM MENYUSUI DI LIMA POSYANDU WILAYAH KERJA PUSKESMAS KELURAHAN MERUYA UTARA PERIODE MEI-JULI

CHANDRA, Winda (2015) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP TINGKAT KEYAKINAN IBU DALAM MENYUSUI DI LIMA POSYANDU WILAYAH KERJA PUSKESMAS KELURAHAN MERUYA UTARA PERIODE MEI-JULI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)

Abstract

Keberhasilan proses menyusui secara eksklusif dipengaruhi oleh tingkat keyakinan ibu dalam menyusui, dan perlu didukung oleh pengetahuan ibu tentang pelaksanaan dan manfaat menyusui. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu tentang menyusui terhadap tingkat keyakinan ibu dalam menyusui di 5 posyandu wilayah kerja Puskesmas Kelurahan Meruya Utara Jakarta Barat. Penelitian ini merupakan pendekatan analitik observasional dengan desain potong lintang. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan teknik non-random consecutive sampling didapatkan ampel penelitian sebanyak 64 ibu yang masih menyusui secara eksklusif di 5 posyandu wilayah kerja Puskesmas Kelurahan Meruya Utara Jakarta Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan metode chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan presentase ibu yang memiliki pengetahuan yang baik dalam menyusui sebesar 51.6% (sebanyak 31 dari total 64 responden), dan presentase ibu yang memiliki keyakinan diri yang baik dalam menyusui sebesar 57.8% (sebanyak 37 dari total 64 responden). Didapatkan adanya hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu dan tingkat keyakinan ibu dalam menyusui p=0.002 (p<0.05). Kesimpulan penelitian ini adalah adanya hubungan antara pengetahuan ibu terhadap menyusui dengan tingkat keyakinan ibu dalam menyusui. Serta didapatkan juga ibu yang memiliki pengetahuan buruk memiliki resiko 2.684 kali lebih tinggi untuk memiliki tingkat keyakinan yang buruk akan menyusui.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pambudi, Wiyarni
Uncontrolled Keywords: ibu, ibu menyusui, keyakinan dalam menyusui, pengetahuan menyusui
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 Oct 2021 01:50
Last Modified: 27 Oct 2021 01:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27405

Actions (login required)

View Item View Item