Strategi Minimasi Abnormality Supply Part Line dengan Menggunakan Metode DMAIC dan House Of Quality (HOQ) Studi Kasus: PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia Plant Sunter 1

Rachman, Billy (2020) Strategi Minimasi Abnormality Supply Part Line dengan Menggunakan Metode DMAIC dan House Of Quality (HOQ) Studi Kasus: PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia Plant Sunter 1. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
545160040_Billy Rachman_01 Cover.pdf

Download (189kB)
[img] Text
545160040_Billy Rachman_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (193kB)
[img] Text
545160040_Billy Rachman_03 Abstrak.pdf

Download (189kB)
[img] Text
545160040_Billy Rachman_04 Daftar Isi.pdf

Download (306kB)

Abstract

PT. Toyota motor manufacturing indonesia plant sunter 1 atau yang biasa disingkat TMMIN merupakan salah satu perusahaan besar yang bergerak di dunia industri otomotif. untuk mencapai hasil yang terbaik pada tiap line produksi, PT TMMIN selalu menerapkan improvement, untuk mengurangi waste sekecil apapun pada line produksi yang bertujuan untuk meningkatkan produktifitas tiap line. Karena TMMIN beranggapan sekecil apapun waste yang terjadi dapat mengurangi produktifitas dalam produksi,Pada pembahasan kali ini, Permasalahan yang terjadi yaitu kendala pada supply part line di area haizen hoshik, yang bertugas untuk memberikan supply part produk ke mainline produksi, kendala yang dialami yaitu jumlah part yang diberikan sering tidak sesuai dengan permintaan mainline produksi, setelah di analisa lebih lanjut akan permasalahan yang terjadi, dengan menggunakan metode DMAIC (Define,measure,anaylysis,improve,control) yang diadopsi dari metode sig sigma, inti permasalahan yang menyebabkan hal tersebut diakibatkan oleh kinerja operator yang dinilai kurang optimal, dikarenakan ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut, sementara SOP yang sudah diterapkan dinilai sudah paling optimal, maka dari itu akan dibuat rancangan alat atau desain alat yang bertujuan untuk membantu kinerja operator agar kembali optimal, tanpa mengubah peraturan yang ada, rancangan alat ini akan didesain dengan menggunakan metode HOQ (house of quality) yang bertujuan untuk menemukan kebutuhan real dari suara konsumen di supply part lane dengan menggunakan VOC (Voice of Costumer),suara yang diberikan oleh responden akan divalidasi dengan uji validitas isi guna mengukur tingkat kebutuhan konsumen. Perancangan alat ini diharapkan dapat mengurangi ketidak sesuian part yangselama ini terjadi dari supply part lane terhadap mainlane, sehingga dengan adanya perancangan alat ini diharapka dapat meningkatkan produsktifias kedua line tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 05 May 2021 09:16
Last Modified: 06 May 2021 07:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/27905

Actions (login required)

View Item View Item