Perancangan desain user interface (UI) aplikasi audiobook z untuk generasi Z (DKV - 2571)

Sengkey, Axell Kalalo (2021) Perancangan desain user interface (UI) aplikasi audiobook z untuk generasi Z (DKV - 2571). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
625170017_Axell Kalalo_01 Cover.pdf

Download (157kB)
[img] Text
625170017_Axell Kalalo_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (417kB)
[img] Text
625170017_Axell Kalalo_03 Surat Pernyataan.pdf

Download (517kB)
[img] Text
625170017_Axell Kalalo_04 Kata Pengantar.pdf

Download (416kB)
[img] Text
625170017_Axell Kalalo_05 Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (396kB)
[img] Text
625170017_Axell Kalalo_06 Daftar Isi, Gambar, Bagan, Grafik.pdf

Download (503kB)
[img] Text
625170017_Axell Kalalo_07 Abstrak.pdf

Download (602kB)
[img] Text
625170017_Axell Kalalo_07 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
625170017_Axell Kalalo_08 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text
625170017_Axell Kalalo_11 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
625170017_Axell Kalalo_09 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
625170017_Axell Kalalo_12 Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
625170017_Axell Kalalo_10 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
625170017_Axell Kalalo_13 Daftar Pustaka.pdf

Download (0B)
Official URL: http://elista.untar.ac.id/detailskripsi.aspx?id=25...

Abstract

Perancangan Desain User Interface (Ui) Aplikasi Audiobook Z untuk Generasi Z. Generasi Z adalah generasi kelompok manusia yang berada dalam masa kelahiran dari tahun 1997 - 2010, yang diketahui dan dikenali dengan gaya dan karakteristik yang sangat berteknologi tinggi dan menginginkan segalanya cepat selesai/instant. Kebanyakan dari mereka sangat mengagumi gadget, seperti laptop dan smartphone mereka. Mereka sering sekali mensibukkan diri mereka dengan menggunakan dunia maya, bermain dengan sosial media, games, dan masih banyak lagi. Hal ini semakin menarik mereka jauh dari dunia literatur, yaitu membaca buku, mempelajarinya, mengerti isinya, dan mengingat kembali apa yang sudah dibaca. Kegiatan membaca merupakan sebuah hal yang membosankan dan rumit bagi mereka, terutama bila tidak adanya ilustrasi yang mendampingi, sehingga menurunkan keinginan mereka. Adanya faktor internal dan eksternal yang menyebabkan mereka tidak gemar membaca, yaitu dalam faktor dalam disebabkan karena karakteristik dan pembawaan diri, juga karena keterbatasan mereka, seperti penyakit tunanetra dan dyslexia; kemudian faktor luar disebabkan oleh pengaruh lingkungan sekitar. Bagi mereka yang senang membaca dengan aplikasi e-book pun juga dapat memiliki dampak negatif bagi kesehatan otak dan mata mereka. Kesenangan mereka dengan gadget mereka dapat menyediakan mereka fitur aplikasi buku audio sebagai pengganti pemberian wawasan luas yaitu dengan mendengarkan cerita - cerita dan peristiwa yang dapat membawa mereka ke dalam pengalaman baru yang dapat mereka pelajari dan jelajahi, terutama bila sekarang mereka dapat mengisi waktu mereka yang kosong saat berada di rumah saja dalam masa pandemi corona ini dengan mendengarkan berbagai buku audio yang digemari dan yang direkomendasikan. Aplikasi buku audio juga bersifat interaktif, maka dapat menarik target generasi z lebih dekat. Dalam perancangan ini, hasil akhir yang akan diperoleh adalah sebuah prototype aplikasi audiobook tersebut. Generasi z yang ingin mencoba dapat berinteraksi dengan simulasi prototype ini, agar dapat menentukan apakah aplikasi ini layak dirilis. Saat ini aplikasi lokal buku audio yang tersedia hanya satu dan target market untuk semua kalangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Generasi Z; Desain Antarmuka; Buku Audio
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 31 May 2021 07:28
Last Modified: 23 Feb 2022 04:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30226

Actions (login required)

View Item View Item