Perancangan Promosi Anyam Nipah dengan Pendekatan Multimedia

Renaldi, Renaldi (2021) Perancangan Promosi Anyam Nipah dengan Pendekatan Multimedia. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
625170013_Renaldi_01 Cover.pdf

Download (191kB)
[img] Text
625170013_Renaldi_02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (120kB)
[img] Text
625170013_Renaldi_03 Surat Pernyataan.pdf

Download (88kB)
[img] Text
625170013_Renaldi_04 Kata Pengantar.pdf

Download (69kB)
[img] Text
625170013_Renaldi_05 Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (133kB)
[img] Text
625170013_Renaldi_06 Daftar Isi, Tabel, Gambar.pdf

Download (75kB)
[img] Text
625170013_Renaldi_07 Abstrak.pdf

Download (164kB)

Abstract

Sentra kerajinan daerah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, dengan produk khas serta ciri dan keunikannya masing-masing. Beberapa daerah memiliki produk khas nya sendiri, salah satunya Kota Palembang. Kota Palembang merupakan kota tertua di Indonesia berumur setidaknya 1337 tahun jika berdasarkan prasasti Sriwijaya yang dikenal sebagai prasasti Kedudukan Bukit. Sejarah tua Kota Palembang serta masuknya para pendatang dari wilayah lain, telah menjadikan kota ini sebagai kota multi-budaya yang mempunyai beberapa kerajinan khas salah satunya kerajinan anyaman daun Nipah. Nipah disebut juga sebagai Nypa fruticans merupakan tumbuhan dengan jenis palem (palma) yang tumbuh di lingkungan hutan bakau atau daerah pasang-surut di dekat tepi laut. Daun Nipah ini dapat diolah menjadi beberapa macam kerajinan seperti anyaman keranjang, hiasan dinding dan kerajinan lainnya oleh masyarakat kota Palembang, terutama oleh masyarakat di kawasan 3-4 Ulu yang berprofesi sebagai pengrajin anyaman daun Nipah. Menurut Juanda, salah satu pengrajin nipah, sulitnya pemasaran dari produk – produk anyaman nipah menjadi faktor kuat dalam mengembangkan bisnis ini. Di jaman teknologi saat ini Video merupakan salah satu media yang efektif dalam mempropagandakan perusahaan, produk, hingga propaganda untuk potensi daerah. Dengan komunikasi melalui audio visual tentunya penyampaiyan propaganda atau promosi semakin efektif. Video dapat lebih mudah untuk mempromosikan suatu produk atau daerah, seperti produk-produk kerajinan maupun kawasan sentra kerajinan yang berpotensi untuk mengembangkan kebudayaan di suatu daerah. Oleh karena itu, diperlukan perancangan visual melalui mutimedia tentang hasil kerajinan anyam nipah untuk menyebarluaskan pemasarannya, terutama kepada Ibu Rumah Tangga berusia 37-46 Tahun yang aktif bermain sosial media serta tertarik dengan videografi. Metode perancangan menggunakan 3 Tahap Production, berupa Pra-Produksi, Produksi, dan Pasca-Produksi. Data didapatkan dengan penyebaran kuesioner kepada 50 target audiens. Hasil dari perancangan ini adalah tampilan visual berupa video Motion Graphic infografis dengan pallet warna dominasi coklat yang melambangkan Handmade serta tradisional, jenis font yang digunakan adalah “natural”, dan dengan resolusi 1080p dengan rasio 1920×1080 (16:9) dan memiliki durasi 3 menit. Video dibuat seefektif mungkin agar pesan dan visualisasi dapat disampaikan dengan baik. Kata kunci : Anyam Nipah, Infographic, Motion Graphic, Multimedia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 31 May 2021 07:57
Last Modified: 31 May 2021 08:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30246

Actions (login required)

View Item View Item