RETORIKA DELIBERATIF SELEBGRAM DALAM MEMOTIVASI AUDIENS MELALUI MEDIA SOSIAL (KONTEN “LEVEL UP” DI AKUN INSTAGRAM BENAKRIBO)

ALBERICO, JERRY (2019) RETORIKA DELIBERATIF SELEBGRAM DALAM MEMOTIVASI AUDIENS MELALUI MEDIA SOSIAL (KONTEN “LEVEL UP” DI AKUN INSTAGRAM BENAKRIBO). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Abstrak Jerry.pdf

Download (292kB)

Abstract

Media berkembang dengan sangat cepat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Seiring dengan bermunculannya media baru, terdapat pula beberapa orang yang menjadi selebgram baru. Salah satunya Benazio Rizki Putra, yang sudah mulai berkarir di media sosial sejak tahun 2008 sampai dengan sekarang. Saat ini, Bena dikenal melalui konten motivasinya yang berjudul “Level Up” di media sosial Instagram. Penulis meneliti bagaimana retorika deliberatif dari Benazio dalam memotivasi audiens melalui media sosial. Berdasarkan teori retorika yang meliputi kanon retorika dan faktor pendukung efektivitas retorika, penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif. Penulis menemukan bahwa Bena menerapkan kanon retorika dan beberapa faktor pendukung efektivitas retorika. Penelitian ini menyimpulkan, retorika deliberatif yang diterapkan oleh selebgram ini adalah didasari pengalaman dan bersifat terus terang. Kanon retorikanya bercirikan penemuan ide yang kreatif dengan menggunakan mind mapping, gaya bahasa yang digunakan juga bersifat kekinian dan terkesan akrab. Struktur pengaturan ada kalanya mengadopsi logika retorika forensik. Disamping itu, terlihat bahwa selebgram dalam penelitian ini merupakan komunikator yang meyakinkan, sehingga dapat memotivasi followers-nya. Karena itu, sikap yang diberikan oleh para followers-nya juga menunjukkan sikap yang terbuka dan positif. Kata Kunci : Retorika Deliberatif, Motivasi, Media Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 10 Jun 2021 05:29
Last Modified: 10 Jun 2021 05:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30906

Actions (login required)

View Item View Item