FANATISME PENGGEMAR K-POP MELALUI MEDIA SOSIAL (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM FANBASE BOYBAND IKON)

Wishandy, Wishandy (2019) FANATISME PENGGEMAR K-POP MELALUI MEDIA SOSIAL (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM FANBASE BOYBAND IKON). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
wishandi.pdf

Download (183kB)

Abstract

Abstrak: Budaya populer K-Pop telah mewabah sampai keseluruh dunia terutama di Indonesia. K-Pop merupakan industri musik yang terdiri dari girlband dan boyband, salah satunya yaitu boyband iKON. Semakin berkembangnya zaman, penggemar dapat dengan mudah mengakses informasi apapun mengenai iKON menggunakan media baru atau new media, salah satu nya yaitu media sosial Instagram. Dengan menggunakan Instagram, penggemar dan fandom iKON dapat melampiaskan rasa cinta dan kagumnya terhadap iKON dengan melihat video, berita dan foto-foto tampan iKON. Hal tersebut memicu penggemar semakin cinta dan kagum terhadap iKON yang telah menimbulkan fanatisme terhadap idolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh apa perilaku fanatisme penggemar dalam media sosial mengenai kecintaan nya terhadap boyband iKON. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus. Data yang akan dianalisis diperoleh dari hasil wawancara dengan admin akun fanbase iKON di Instagram yaitu ikonictreazure dan Wowfaktaikon diikuti dengan observasi, data online dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa hanya dengan menggunakan media sosial, penggemar dapat merasakan cinta dan kagum yang tinggi terhadap idolanya. Kata Kunci: Budaya Populer, New Media, Fanatisme, Fandom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:13
Last Modified: 15 Jun 2021 03:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31023

Actions (login required)

View Item View Item