Tanggung Jawab Pengelola Tempat Wisata Terhadap Kerugian Konsumen Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Studi putusan Nomor 186/Pdt.g/2018/PN.Mlg)

Ginting, Tara Ulina (2021) Tanggung Jawab Pengelola Tempat Wisata Terhadap Kerugian Konsumen Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Studi putusan Nomor 186/Pdt.g/2018/PN.Mlg). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover_Tara Ulina Ginting_205170223.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan_Tara Ulina Ginting_205170223.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan_Tara Ulina Ginting_205170223.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Kata Pengantar_Tara Ulina Ginting_205170223.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Daftar Isi_Tara Ulina Ginting_205170223.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Abstrak_Tara Ulina Ginting_205170223.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB I_Tara Ulina Ginting_205170223.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB II_Tara Ulina Ginting_205170223.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB III_Tara Ulina Ginting_205170223.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV_Tara Ulina Ginting_205170223.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB V_Tara Ulina Ginting_205170223.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Tara Ulina Ginting_205170223.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Keabsahan_Tara Ulina Ginting_205170223.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Turnitin_Tara Ulina Ginting_205170223.pdf

Download (245kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara hukum sehingga segala sesuatunya diatur oleh hukum termasuk hukum perlindungan konsumen. Terdapat 3 pengertian tanggung jawab dari arti accountability, responbility, dan liability dan 5 prinsip tanggung jawab serta dalam pasal 19 undang-undang perlindungan konsumen sudah mengatur tanggung jawab pelaku usaha. Sesuai dengan hukum positif yang berlaku jika seroang konsumen dirugikan dalam mengkonsumsi barang dan/ atau jasa dapat menggugat pihak yang menimbulkan kerugian. Akan tetapi, dalam putusan yang dijadikan bahan studi terdapat kurangnya bentuk tanggung jawab dari pelaku usaha pada perkara Nomor 186/Pdt.G/2018/PN.Mlg dengan aturan perundang-undangan yang ada. Bagaimana bentuk tanggung jawab kepada konsumen yang mengalami kerugian di tempat wisata ? penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan menggunakan data wawancara sebagai data penunjang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat bentuk tanggung jawab yang diatur dalam pasal 1365 KUH Perdata yaitu tiap perbuatan yang melanggar hukum, membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang karena salahnya menerbitkan kerugian itu, mengganti kerugian tersebut serta pelaku usaha bertanggung jawab memberikan ganti rugi atas, kerusakan, pencemaran dan atau kerugian kinsmen akibat mengkonsumsi barang dan atau jasa yang dihasilkan atau diperdagangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Amad Sudiro, SH., MH., MM., M.Kn.
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Perlindungan Konsumen, Tempat Wisata
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 13 Aug 2021 08:27
Last Modified: 13 Aug 2021 08:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32232

Actions (login required)

View Item View Item