GOTAMI, PARAMITA (2016) MASYARAKAT POS-MODERN DAN KONSUMERISME (KESADARAN PALSU DIBALIK PENGONSUMSIAN SIMBOL GALERI INDONESIA KAYA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas konsekuensi pos-modernisme pada budaya konsumsi masyarakat yang dimediasi oleh Galeri Indonesia Kaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi, kerangka analisis semiotika, serta berfokus pada pandangan Baudrillard dan Bourdieu yang merepresentasikan pos-modernisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konsumerisme yang dilatarbelakangi oleh konsumsi terhadap Galeri Indonesia Kaya, yang menciptakan kesadaran palsu pada masyarakat bahwa mengonsumsi fasilitas dan kegiatan Galeri Indonesia Kaya merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan sederhana masyarakat telah bergeser menjadi kebutuhan akan simbol-simbol yang disimulasikan Galeri Indonesia Kaya. Galeri Indonesia Kaya menggantikan budaya, dianggap sebagai pengidentifikasi kelas dan selera, dan menimbulkan konsumerisme. Kata Kunci: Konsumerisme, Pos-modernisme, Simbol
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 05:07 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 05:07 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33795 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |