MASYARAKAT POS-MODERN DAN KONSUMERISME (KESADARAN PALSU DIBALIK PENGONSUMSIAN SIMBOL GALERI INDONESIA KAYA)

GOTAMI, PARAMITA (2016) MASYARAKAT POS-MODERN DAN KONSUMERISME (KESADARAN PALSU DIBALIK PENGONSUMSIAN SIMBOL GALERI INDONESIA KAYA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas konsekuensi pos-modernisme pada budaya konsumsi masyarakat yang dimediasi oleh Galeri Indonesia Kaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi, kerangka analisis semiotika, serta berfokus pada pandangan Baudrillard dan Bourdieu yang merepresentasikan pos-modernisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konsumerisme yang dilatarbelakangi oleh konsumsi terhadap Galeri Indonesia Kaya, yang menciptakan kesadaran palsu pada masyarakat bahwa mengonsumsi fasilitas dan kegiatan Galeri Indonesia Kaya merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan sederhana masyarakat telah bergeser menjadi kebutuhan akan simbol-simbol yang disimulasikan Galeri Indonesia Kaya. Galeri Indonesia Kaya menggantikan budaya, dianggap sebagai pengidentifikasi kelas dan selera, dan menimbulkan konsumerisme. Kata Kunci: Konsumerisme, Pos-modernisme, Simbol

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 28 Jan 2022 05:07
Last Modified: 28 Jan 2022 05:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33795

Actions (login required)

View Item View Item