Tanggung Jawab Ganti Kerugian Akibat Kelalaian Maskapai Penerbangan Berdasarkan Undang-Undang 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Terhadap Putusan No. 433/Pdt.G/2019/PN.Jkt.Pst.)

Pranoto, Felix (2021) Tanggung Jawab Ganti Kerugian Akibat Kelalaian Maskapai Penerbangan Berdasarkan Undang-Undang 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Terhadap Putusan No. 433/Pdt.G/2019/PN.Jkt.Pst.). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER-ABSTRAK_SKRIPSI FELIX PRANOTO_205170126.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I-V_DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI FELIX PRANOTO_205170126.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
LAMPIRAN_SKRIPSI FELIX PRANOTO 205170126.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Standar pelayanan merupakan tolak ukur yang ddigunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri dan acuan penilaian kualitas pelayanan yang merupakan kewajiban badan usaha angkutan udara niaga berjadwal kepada para calon penumpang maupun penumpang kelas ekonomi dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, dan mudah. Pada kasus yang dialami oleh David M.L. Tobing, tidak adanya fasilitas multimedia yang seharusnya sudah menjadi standar dari standar pelayanan maksimum. Bagaimana tanggung jawab maskapai penerbangan terhadap penumpang akibat kelalaian dalam pengawasan yang menimbulkan tidak terpenuhinya hak-hak penumpang/konsumen berdasarkan Undang-Undang nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen ? Penulis penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan menggunakan data wawancara sebagai data penunjang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat bentuk tanggung jawab sesuai dengan yang telah diatur dalam Pasal 1365 KUHPerdata yaitu setiap perbuatan yang melanggar hukum, menyebabkan kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang karena kesalahannya mengganti kerugian tersebut. Pelaku usaha bertanggung jawab untuk memberikan ganti kerugian atas pencemaran, kerusakan, dan/atau kerugian konsumen akibat menggunakan barang dan/jasa yang diperdagangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Perlindungan Konsumen, Penerbangan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 28 Feb 2022 23:57
Last Modified: 28 Feb 2022 23:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34090

Actions (login required)

View Item View Item