Tinjauan Yuridis Perlindungan Konsumen Mengenai Penjualan Produk Makanan Yang Tidak Berlabel Halal Menurut Uu No 8 Tahun 1999

Pratama, Egy (2021) Tinjauan Yuridis Perlindungan Konsumen Mengenai Penjualan Produk Makanan Yang Tidak Berlabel Halal Menurut Uu No 8 Tahun 1999. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Egy Pratama_205140160.pdf

Download (382kB)
[img] Text
Bab I-V_Daftar Pustaka_Egy Pratama_205140160.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
Lampiran_Egy Pratama_205140160.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang mayoritas agama Islam. Makanan adalah salah satu kebutuhan yang paling diperlukan oleh manusia untuk bertahan hidup sehingga setiap orang diharapkan untuk lebih memperhatikan produk makanan yang akan dikonsumsinya. Dalam ajaran agama Islam terdapat perintah untuk mengkonsumsi makanan yang halal dan larangan untuk mengkonsumsi makanan yang haram. Produk halal merupakan produk yang memenuhi syarat kehalalannya sesuai dengan syariat Islam mulai dari zatnya, prosesnya serta penyimpanan dan penyajiannya. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui tinjauan yuridis Perlindungan Konsumen mengenai penjualan produk makanan yang tidak berlabel halal menurut UU No. 8 Tahun 1999. Jaminan perlindungan konsumen terhadap peredaran produk makanan berlabel halal adalah sudah terjamin menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku dan produk yang berlabel halal resmi sudah memberikan jaminan kepastian hukum terhadap kehalalan produk itu sendiri yang dapat dilihat dari kewenangan yang diberikan oleh pemerintah kepada MUI dan BPJPH.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mariske Myeke Tampi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Makanan, Produk Halal, Perlindungan Konsumen
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 01 Mar 2022 08:26
Last Modified: 01 Mar 2022 08:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34116

Actions (login required)

View Item View Item