Analisis Pembatalan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) Secara Sepihak Yang Dilakukan Oleh Kreditur (Studi Putusan Pengadilan Negeri Bekasi Nomor 39/Pdt.G/2019/PN.Bekasi).

Tampubolon, Vanny Grace Angelina (2022) Analisis Pembatalan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) Secara Sepihak Yang Dilakukan Oleh Kreditur (Studi Putusan Pengadilan Negeri Bekasi Nomor 39/Pdt.G/2019/PN.Bekasi). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstak_Vanny Grace Angelina Tampubolon_205180259 SKRIPSI 2022.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Vanny Grace Angelina Tampubolon_205180259 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_Vanny Grace Angelina Tampubolon_205180259 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Perjanjian Pengikatan Jual Beli telah mengandung hak dan kewajiban dari para pihak yang membuatnya. Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) seringkali mengalami hambatan dalam praktiknya, permasalahan terkait dengan perjanjian tersebut mengakibatkan perjanjian dibatalkan. Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) dimungkinkan dibatalkan secara sepihak oleh salah satu pihak atau atas kesepakatan kedua belah pihak. Pembatalan perjanjian secara sepihak, tentunya mengakibatkan kerugian bagi para pihak, sehingga perlu adanya suatu perlindungan akibat pembatalan perjanjian tersebut. Penulisan ini terdapat permasalahan yaitu bagaimana mekanisme dan akibat hukum atas pembatalan PPJB dalam Putusan Pengadilan Negeri Bekasi Nomor 39/Pdt.G/2019/PN.Bekasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum yuridis normatif atau doktrinal. Kesimpulan dari penelitian ini ialah kekosongan norma terkait pembuatan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) secara sepihak tersebut, sehingga dapat menimbulkan akibat hukum dan perjanjian yang sebelumnya telah dibuat menjadi tidak berlaku lagi atau dengan kata lain perjanjian tersebut menjadi berakhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hanafi Tanawijaya, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: PPJB, Pembatalan PPB Secara Sepihak
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:58
Last Modified: 31 Mar 2022 03:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34666

Actions (login required)

View Item View Item