Analisis Pelaksanaan Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan Musik oleh Lembaga Manajemen Kolektif Nasional Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 56 Tahun 2021

Alexander, Jevano Tri (2022) Analisis Pelaksanaan Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan Musik oleh Lembaga Manajemen Kolektif Nasional Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 56 Tahun 2021. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Daftar Singkatan_Jevano Tri Alexander_205180228 SKRIPSI 2022.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Jevano Tri Alexander_205180228 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
Lampiran_Jevano Tri Alexander_205180228 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lagu ataupun musik adalah suatu karya cipta yang dilindungi hak ciptanya. Setiap Pencipta ataupun pemilik Hak Terkait akan mendapatkan hak ekonominya berupa royalti, jika ada pengguna ataupun tempat-tempat layanan umum yang menggunakan lagu atau musik untuk kepentingan komersial. Baru-baru ini Presiden menandatangani serta mengesahkan Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan /atau Musik. PP ini dikeluarkan untuk dapat mengoptimalkan serta memberikan perlindungan dan kepastian hukum terhadap Pencipta atau Hak Pencipta mengenai royalti hak cipta lagu. Sehingga seluruh pelaku bisnis tempat layanan publik yang tertera di dalam PP tersebut apabila menggunakan lagu atau memutarkan lagu ciptaan orang lain untuk kepentingan komersial wajib membayar royalti melalui Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN). LMKN tersebut merupakan lembaga yang memiliki kewenangan dalam pengkolektifan royalti karya cipta lagu dan/atau musik dari para pengguna komersial. Akan tetapi, bagaimanakah LMKN melakukan pengawasan dalam mengawasi para pengguna komersial serta agar Peraturan Pemerintah ini berjalan penegakan Hukumnya? Di dalam PP tersebut juga tidak menjelaskan bagaimana LMKN mengawasi serta memantau tempat layanan publik tersebut. Jenis Penelitian dalam penulisan ini menggunakan penelitian normatif dan empiris. Sifat yang digunakan penelitian ini yakni preskriptif. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan Undang-Undang dan pendekatan konseptual. Jenis bahan hukum yang digunakan terbagi menjadi 3, yaitu bahan hukum primer, sekunder, dan non hukum. Teknik pengumpulan bahan hukum menggunakan studi kepustakaan. Analisis bahan hukum penelitian ini menggunakan metode analisis dengan deduksi silogisme. Hasil analisis dari penulisan ini adalah bahwa LMKN belum bekerja secara efektif dalam melakukan pelaksanaan pengelolaan royalti hak cipta lagu dan musik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. R. Rahaditya, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Hak Cipta, Royalti, Lagu, Musik, LMKN
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:48
Last Modified: 18 Apr 2022 07:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34948

Actions (login required)

View Item View Item