PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDADFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PADA PERIODE 2013-2015

Olivia, Josephine (2016) PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDADFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PADA PERIODE 2013-2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
125130238 Josephine Olivia Judul+Abstrak.pdf

Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh asimetri informasi, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan kepemilikan manajerial terhadap manajemen laba perusahaan manufaktur yang terdadaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2013-2015. Metode pengukuran yang digunakan dalam menilai asimetri informasi adalah SPREAD, profitabilitas dengan Return on Asset (ROA), leverage dengan Debt to Equity (DER), ukuran perusahaan dengan Log(Total Asset), dan manajemen laba diukur dengan discretionary accruals. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 61 perusahaan yang akan digunakan sebagai sampel penelitian. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan model regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji signifikansi simultan (uji F) dan uji signifikansi parsial (uji t) dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil uji F menunjukkan bahwa asimetri informasi, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap manajemen laba. Hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa secara parsial asimetri informasi dan leverage berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 28 Apr 2022 01:42
Last Modified: 28 Apr 2022 01:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35060

Actions (login required)

View Item View Item