GAMBARAN SUBJECTIVE WELL-BEING MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19

Oktaviana, Miranda (2022) GAMBARAN SUBJECTIVE WELL-BEING MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Full Text-1-14.pdf

Download (269kB)

Abstract

Saat ini Indonesia masih dilanda pandemi COVID-19. Pandemi ini memberikan dampak kepada mahasiswa yang harus mengalami pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai gambaran subjective well-being pada mahasiswa tahap emerging adulthood saat pandemi COVID-19. Subjective well-being dapat dikatakan tinggi dikarenakan individu dapat merasakan emosi positif, tetapi jika subjective well-being rendah individu merasakan emosi negatif. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 137 mahasiswa perguruan tinggi Jabodetabek, 112 perempuan dan 25 laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan conveniece sampling. Pada hasil penelitian menunjukkan subjective well-being pada mahasiswa terdapat dimensi positive affective yang mempunyai mean tertinggi sebesar 2.9786. Hal itu karena saat pandemi mahasiswa sering merasakan emosi positif pada kehidupannya seperti senang, semangat dan aktif dalam kegiatan. Tetapi pada dimensi negative affective termasuk dalam kategori sedang sebesar 2.5395. Sedangkan, untuk dimensi life satisfaction dalam kategori rendah sebesar 2.4978. Hal tersebut dapat dijelaskan bahwa mahasiswa mempunyai emosi positif tetapi kadang-kadang mahasiswa memiliki emosi negatif saat merasakan kejenuhan. Kemudian untuk dimensi life satisfaction mahasiswa mengalami penurunan terhadap kualitas hidupnya karena mengalami permasalahan-permasalahan dari aspek kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Subjective Well-being, Emerging Adulthood, Mahasiswa, COVID-19
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 13 May 2022 08:08
Last Modified: 13 May 2022 08:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35232

Actions (login required)

View Item View Item