Nadyastuti, Supi Catur (2022) PERAN PERCEIVED STRESS DAN SELF-EFFICACY TERHADAP TEACHER BURNOUT GURU TK DI JAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
File 3. Full Text-1-21.pdf Download (532kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran perceived stress dan self-efficacy terhadap teacher burnout guru TK di Jakarta pada masa pandemi Covid-19. Pengukuran teacher burnout menggunakan alat ukur MBI-ES (Maslach Burnout Inventory-Educators Survey) yang dikembangkan oleh Maslach dan Jackson (1996), untuk pengukuran perceived stress digunakan alat ukur PSS (Perceived Stress Scale yang dikembangkan oleh Cohen (1983). Sedangkan untuk mengukur self-efficacy guru terhadap teacher burnout digunakan alat ukur GSES (General Self-Efficacy Scale) yang dibangun mengikuti teori kognitif sosial Bandura (Bandura, 1997), dikembangkan oleh Schwarzer & Jerussalem, tahun 1995. Partisipan berjumlah 362 guru dari TK Negeri dan TK Swasta di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived stress dan self-efficacy secara independen dan bersama-sama memberikan sumbangan yang signifikan dan memberikan pengaruh terhadap teacher burnout guru TK pada masa pandemi Covid-19 di Jakarta.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teacher burnout, perceived stress, self-efficacy, guru TK, pandemi Covid-19 |
Subjects: | Tesis Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 19 May 2022 09:26 |
Last Modified: | 19 May 2022 09:26 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35365 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |