PERAN KECERDASAN EMOSI DAN EFIKASI DIRI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR TERHADAP KESULITAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA SMA (DENGAN EKSPLORASI KARIR SEBAGAI MEDIATOR)

Lubis, Susi Handayani Br. (2022) PERAN KECERDASAN EMOSI DAN EFIKASI DIRI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR TERHADAP KESULITAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA SMA (DENGAN EKSPLORASI KARIR SEBAGAI MEDIATOR). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext.-1-15.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan seberapa besar sumbangsih variabel kecerdasan emosi, efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir dan eksplorasi karir sebagai mediator terhadap kesulitan pengambilan keputusan siswa pada Siswa SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 368 orang siswa kelas XI SMA di Jakarta Selatan, Tangerang Selatan dan Depok. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non-random sampling. Analisis data yang digunakan untuk data hasil try out menggunakan SPSS V.23. Adapun hasil uji reliabilitas dengan koefisien Alpha Cronbach berada pada rentang .770 hingga .902 (α > .50). Data sebenarnya dilakukan uji validitas butir pernyataan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dengan menggunakan software pengolahan MPlus Ver. 8.2. Uji hipotesis menggunakan pengujian model path analysis menggunakan software Mplus 7.0. Didapatkan bahwa signifikansi kecerdasan emosi terhadap kesulitan pengambilan keputusan karir denganp value 0.944 > 0.05. Efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir dengan signifikansi P-Value 0.000 < 0.05. Ekplorasi karir dengan signifikansi P-Value 0.141 > 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian eksplorasi karir belum mampu menjadi mediator antara kecerdasan emosi dan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir terhadap kesulitan pengambilan keputusan karir.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosi, Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir, Eksplorasi Karir, Pengambilan Keputusan Karir
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 May 2022 02:54
Last Modified: 23 May 2022 02:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35398

Actions (login required)

View Item View Item