Peran Grit dan Regulasi Diri dalam Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Kedokteran di Jakarta;

Angela, Angela (2022) Peran Grit dan Regulasi Diri dalam Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Kedokteran di Jakarta;. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3.Fulltext (8) (1).pdf

Download (882kB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk menguji peran Grit dan Regulasi Diri dalam Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Kedokteran. Partisipan penelitian ini berjumlah 205 mahasiswa kedokteran Universitas X, Y, dan Z di Jakarta dengan menggunakan metode snowball sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian non-eksperimental dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara langsung dan melalui link. Pengujian hipotesis diolah menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek grit tidak memiliki hubungan langsung terhadap prestasi akademik mahasiswa (R2=0.5%, β=0.070, p > 0.05). Akan tetapi, satu dimensi regulasi diri dalam belajar yaitu intrinsic goal orientation berperan signifikan sebagai mediator dalam hubungan anatara grit dan prestasi akademik mahasiswa kedokteran (β=0.235, t = 2.005, p < 0.05) Karena itu, keterlibatan mahasiswa dalam regulasi diri dalam belajar berfungsi sebagai mediator antara aspek grit dengan hasil yang lebih baik pada akademik mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Grit, regulasi diri dalam belajar, prestasi akademik mahasiswa kedokteran
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 25 May 2022 03:50
Last Modified: 25 May 2022 03:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35453

Actions (login required)

View Item View Item