Bongso, Claudia Anastasia (2022) Peran Pola Pengasuhan (Acceptance-Rejection) terhadap Self-Regulated Learning pada Mahasiswa. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
File 3. Fulltext (48)-1-17.pdf Download (840kB) |
Abstract
Penelitian mengenai pola pengasuhan acceptance-rejection terhadap Self- Regulated Learning masih terbatas. Penelitian ini menggunakan konsep pengasuhan acceptance-rejection yang dikembangkan oleh Rohner, Khaleque, dan Cournoyer (2012) yang bertujuan untuk menguji peran pola pengasuhan terhadap self-regulated learning pada mahasiswa. Partisipan penelitian ini berjumlah 194 mahasiswa dengan jumlah laki-laki sebanyak 46 orang dan perempuan sebanyak 148 orang. Pengambilan data menggunakan convenience sampling dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian non-eksperimental dengan metode kuantitatif. Pengujian hipotesis menggunakan SPSS dengan teknik regresi linear untuk memprediksi peran pola pengasuhan terhadap self- regulated learning yang terdiri atas beberapa dimensi, yaitu self-efficacy for learning and performance, test anxiety, dan metacognitive self-regulation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pengasuhan orang tua memiliki peran yang signifikan terhadap dimensi test anxiety, tidak memiliki peran yang signifikan pada dimensi metacognitive self-regulation, dan hanya pola pengasuhan ayah yang memiliki peran signifikan terhadap dimensi self-efficcacy for learning and performance. Penelitian selanjutnya, dapat menggunakan subyek penelitian yang berbeda dengan menambahkan beberapa dimensi Self-Regulated Learning supaya hasilnya dapat lebih akurat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Sri Tiatri, S.Psi., M.Si., Ph.D., Psi. & Meylisa Permata Sari, S.Psi., M.Sc. |
Uncontrolled Keywords: | pengasuhan acceptance-rejection, self-regulated learning, mahasiswa |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 27 May 2022 07:14 |
Last Modified: | 27 May 2022 07:14 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35525 |
Actions (login required)
View Item |