Alfathirah, Mega (2022) Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Hardiness pada Guru di Sekolah Luar Biasa. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
File 3. Fulltext (1).pdf Download (334kB) |
Abstract
Guru di sekolah luar biasa memiliki tuntutan lebih dalam mengajar anak berkebutuhan khusus, yang dapat menyebababkan tekanan dan stres. Maka dari itu, guru di sekolah luar biasa memerlukan dukungan sosial yang berasal dari teman, keluarga dan significant other serta sikap hardiness untuk memotivasi guru sebagai sarana untuk mengubah suatu keadaan atau pengalaman yang dianggap sebagai ancaman atau tekanan menjadi suatu hal yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan hardiness pada guru di sekolah luar biasa. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Partisipan pada penelitian ini sebanyak 68 data guru di sekolah luar biasa. Instrumen yang digunakan yaitu skala Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) untuk dukungan sosial dan skala Dispositional Resilience Scale (DRS) untuk hardiness. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang positif antara dukungan sosial dengan hardiness (r = .376, p = .002). Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara dukungan sosial dengan hardiness pada guru di sekolah luar biasa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Agoes Dariyo, S.Psi, M.Psi. |
Uncontrolled Keywords: | Dukungan sosial, hardiness, guru di sekolah luar biasa |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 27 May 2022 12:43 |
Last Modified: | 27 May 2022 12:43 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35572 |
Actions (login required)
View Item |