Gambaran Kecerdasan Emosional pada Remaja yang Bersekolah denganPenerapan Kurikulum Internasional (Studi pada remaja sekolah menengah yang menggunakan kurikulum Cambridge di Jakarta)

Wingardi, Elaine Magracia (2022) Gambaran Kecerdasan Emosional pada Remaja yang Bersekolah denganPenerapan Kurikulum Internasional (Studi pada remaja sekolah menengah yang menggunakan kurikulum Cambridge di Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (226kB)

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kapasitas individual untuk mengenali emosi diri mereka sendiri sebagaimana mereka dapat mengenali emosi orang lain (Hicks & Dess, 2008). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran umum kecerdasan emosional remaja yang bersekolah di sekolah internasional di Jakarta. Teknik pengambilan data dilakukan dengan convenience sampling, melibatkan 523 partisipan yang terdiri dari 391 partisipan mengisi kuesioner secara langsung dan 132 partisipan melalui kuesioner online. Partisipan penelitian ini merupakan siswa sekolah yang menggunakan kurikulum internasional Cambridge di Jakarta dengan rentang usia 11-18 tahun. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa remaja yang bersekolah dengan penerapan kurikulum internasional di Jakarta yang memiliki kecerdasan emosional tergolong rendah berjumlah 39 orang (7,5%), tergolong sedang berjumlah 2 orang (0,4%), dan tergolong tinggi berjumlah 482 orang (92,2%). Jadi, dapat dikatakan bahwa kecerdasan emosional remaja yang bersekolah dengan penerapan kurikulum internasional di Jakarta terbilang tinggi, yaitu pada kemampuan memotivasi diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Erik Wijaya, M.Si.
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, remaja, sekolah internasional
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:50
Last Modified: 06 Jun 2022 06:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35807

Actions (login required)

View Item View Item