HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN PRESTASI AKADEMIK DENGAN JOB PERFORMANCE MAHASISWA YANG TERLIBAT DI ORGANISASI KEMAHASISWAAN.

Carmelia, Talissa (2022) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN PRESTASI AKADEMIK DENGAN JOB PERFORMANCE MAHASISWA YANG TERLIBAT DI ORGANISASI KEMAHASISWAAN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Daftar Isi skripsi.docx

Download (52kB)

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan menerapkan daya dan kepekaan emosi. Prestasi akademik adalah hasil proses belajar. Job performance adalah penilaian dan evaluasi tugas. Belum ada penelitian mengenai hubungan antara kecerdasan emosi, prestasi akademik, dan job performance pada konteks organisasi kemahasiswaan di Indonesia sehingga tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan ketiga variabel di organisasi kemahasiswaan. Penelitian ini melibatkan 284 mahasiswa yang terlibat di organisasi kemahasiswaan (DPM dan BEM). Hasil penelitian ini menunjukkan tiga temuan utama. Pertama, ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan job performance menurut diri sendiri (r=0,32, p=0,00) dan maupun dari ketua (r= -0,13, p= 0,01), tetapi tidak ada hubungan menurut dari rekan kerja (r =0,23, p=0,35). Kedua, ada hubungan antara prestasi akademik dengan job performance menurut dari ketua organisasi kemahasiswaan (r = 0,14; p=0,00), tetapi tidak ada hubungan jika menurut diri sendiri (r= -0,01, p = 0,83), maupun rekan kerja (r= 0,07, p=0,2). Ketiga, tidak terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi akademik pada mahasiswa yang terlibat di organisasi kemahasiswaan (r= 0,06, p= 0,85).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Tiatri PhD., Psi. & Erik Wijaya
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Prestasi Akademik, dan Job performance, DPM, BEM, organisasi kemahasiswan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:05
Last Modified: 06 Jun 2022 07:05
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35816

Actions (login required)

View Item View Item