Pengaruh Rumination terhadap Academic Achievement pada Mahasiswa Tingkat Sarjana

Ellen, Ellen (2022) Pengaruh Rumination terhadap Academic Achievement pada Mahasiswa Tingkat Sarjana. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
PDFen.pdf

Download (83kB)

Abstract

Rumination merupakan hal yang umum terjadi pada manusia terutama ketika manusia sedang menghadapi masalah. Rumination adalah pola pikir yang berulang yang berakar pada mood negatif (seperti kesedihan) dan tidak memotivasi seseorang untuk menyusun rencana untuk menghilangkan pemikiran tersebut (Nolen-Hoeksema, 2004). .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rumination terhadap academic achievement pada mahasiswa tingkat sarjana. Penelitian ini menyertakan 518 orang mahasiswa berusia 18-22 tahun dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan bulan Maret 2015 sampai April 2015. Variabel rumination diukur dengan menggunakan kuesioner mengadaptasi kuesioner Ruminative Response Scale (RRS) yang dibuat oleh Nolen-Hoeksema ke dalam bahasa Indonesia. Variabel academic achievement diukur dengan menggunakan indeks prestasi kumulatif (IPK) terakhir mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumination memiliki pengaruh negatif terhadap academic achievement mahasiswa tingkat sarjana. Dari analisis regresi masing-masing dimensi rumination terhadap academic achievement, didapatkan bahwa dimensi brooding dan depressive-related memiliki pengaruh negatif terhadap academic achievement.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sandi Kartasasmita, M. Psi, Psi.
Uncontrolled Keywords: Rumination dan Academic Achievement.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:17
Last Modified: 06 Jun 2022 07:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35822

Actions (login required)

View Item View Item