Peran Pengalaman Traumatik Sebagai Salah Satu Faktor Penggugah Lesbianisme Pada Masa Transisi Remaja Menuju Dewasa (18-25 Tahun) (Studi Kasus pada lesbian usia emerging adulthood yang mengalami Childhood Abuse)

Adevia, Bea Rizki (2022) Peran Pengalaman Traumatik Sebagai Salah Satu Faktor Penggugah Lesbianisme Pada Masa Transisi Remaja Menuju Dewasa (18-25 Tahun) (Studi Kasus pada lesbian usia emerging adulthood yang mengalami Childhood Abuse). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
text (7).pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengalaman traumatis yang secara tidak langsung dapat memiliki peran dalam munculnya lesbianisme pada usia emerging adulthood. Pengalaman traumatis yang diteliti terkait Childhood Abuse. Terdapat 6 Domain Long-Term Effect of Child Abuse dan 4 Long-Term Effect of Child Sexual Abuse. Kekerasan pada anak dapat dilakukan baik oleh anggota keluarga dan kerabat (Intrafamilial Abuse) ataupun orang asing (Extrafamilial Abuse). Jika kekerasan terjadi dalam konteks hubungan yang akrab secara emosional dan terdapat derajat ketergantungan yang cukup besar dalam hubungan tersebut, korban kemungkinanan akan mengalami Attachment Trauma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan cara studi kasus pada 4 Subyek. Kriteria subyek dalam penelitian ini adalah lesbian usia emerging adulthood rentang usia 18 sampai 25 tahun yang memiliki pengalaman traumatis dalam hidupnya khususnya Childhood Abuse. Penelitian ini berlangsung dalam rentang waktu sepuluh bulan, dimulai pada Februari 2016 sampai November 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat subyek mengalami attachment trauma sehingga menimbulkan gangguan interpersonal khususnya terhadap lawan jenis yang pada akhirnya menimbulkan kecenderungan untuk melakukan lesbianism.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Monty P. Satiadarma, MS/AT, MCP/MFCC
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Traumatis, Lesbianisme, Emerging Adulthood
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:35
Last Modified: 06 Jun 2022 07:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35833

Actions (login required)

View Item View Item