Peranan Keterampilan Sosial Dan Keterlibatan Orangtua Terhadap Kualitas Hidup Individu Intelektual Disabilitas Yang Bekerja

Paramita, Devi Ariya (2022) Peranan Keterampilan Sosial Dan Keterlibatan Orangtua Terhadap Kualitas Hidup Individu Intelektual Disabilitas Yang Bekerja. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan hasil mengenai peranan keterampilan sosial dan keterlibatan orangtua terhadap kualitas hidup pada individu dengan intelektual disabiltas yang sudah bekerja. Kualitas hidup dari individu dengan intelektual disabilitas memerlukan perhatian khusus mengingat jumlah individu dengan itnelektual disabiltias yang tidak sedikit. Pengukuran keterampilan sosial menggunakan alat ukur Social Skills Rating System (SSRS) (Gresham & Elliot, 1990) dan pengukuran keterlibatan orangtua menggunakan alat ukur Alabama Parenting Questionnaire (APQ) (Frick, 1990). Sedangkan untuk mengukur kualitas hidup dari individu dengan intelektual disabiltias menggunakan alat ukur WHOQOL-DIS (WHO, 2007). Partisipan berjumlah 66 individu dengan intelektual disabilitas yang bekerja dengan rentang usia 20 hingga 62 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peranan positif dan signifikan antara keterlibatan orangtua terhadap kualitas hidup (r (66) = 0.432 dan p = .000 < 0.05). Artinya semakin tinggi keterlibatan orangtua, semakin tinggi kualitas hidup individu dengan intelektual disabilitas. Akan tetapi terdapat peranan yang tidak signifikan antara keterampilan sosial dengan kualitas hidup (r (66) = 0.265 dan p = .015 > 0.05). Berdasarkan hasil tersebut, orangtua disarankan untuk terlibat dalam kehidupan anaknya khususnya anak dengan intelektual disabiltias karena hal tersebut berperan untuk kualitas hidupnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Ediasri Toto Atmodiwirjo, Psi. & Dr. Naomi Soetikno, M.Pd., Psi.
Uncontrolled Keywords: keterampilan sosial, keterlibatan orangtua, kualitas hidup, intelektual disabilitas
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:11
Last Modified: 08 Jun 2022 03:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35917

Actions (login required)

View Item View Item