Gambaran kontrol diri pada guru SLB)

Winani, Priskila (2022) Gambaran kontrol diri pada guru SLB). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (21).pdf

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna memperoleh gambaran kontrol diri pada guru sekolah luar biasa (SLB) berdasarkan teori low self-control dari Gottfredson dan Hirschi (1993). Dan gambaran kontrol diri terbagi menjadi enam dimensi yaitu, impulsivity, simple tasks, risk seeking, physical activities, self-centeredness, dan temper. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 164 orang. Peneliti mengambil sampel di 12 sekolah. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa guru sekolah luar biasa (SLB) memiliki kontrol diri yang baik. Berdasarkan tiap dimensi, diperoleh hasil bahwa dimensi temper memiliki skor mean tertinggi merupakan dimensi tertinggi dibandingkan kelima dimensi lainnya. Sedangkan, dimensi physical activities merupakan dimensi terendah. Seluruh data diolah dengan teknik explore (desciptive statistic). Penelitian ini memperoleh hasil bahwa guru sekolah luar biasa (SLB) memiliki kontrol diri yang baik. Berdasarkan tiap dimensi, diperoleh hasil bahwa dimensi temper memiliki skor mean tertinggi merupakan dimensi tertinggi dibandingkan kelima dimensi lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Riana Sahrani, M.Si.,Psi.
Uncontrolled Keywords: kontrol diri dan guru sekolah luar biasa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:44
Last Modified: 09 Jun 2022 03:44
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35997

Actions (login required)

View Item View Item