Winani, Priskila (2022) Gambaran kontrol diri pada guru SLB). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
Text (21).pdf Download (263kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan guna memperoleh gambaran kontrol diri pada guru sekolah luar biasa (SLB) berdasarkan teori low self-control dari Gottfredson dan Hirschi (1993). Dan gambaran kontrol diri terbagi menjadi enam dimensi yaitu, impulsivity, simple tasks, risk seeking, physical activities, self-centeredness, dan temper. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 164 orang. Peneliti mengambil sampel di 12 sekolah. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa guru sekolah luar biasa (SLB) memiliki kontrol diri yang baik. Berdasarkan tiap dimensi, diperoleh hasil bahwa dimensi temper memiliki skor mean tertinggi merupakan dimensi tertinggi dibandingkan kelima dimensi lainnya. Sedangkan, dimensi physical activities merupakan dimensi terendah. Seluruh data diolah dengan teknik explore (desciptive statistic). Penelitian ini memperoleh hasil bahwa guru sekolah luar biasa (SLB) memiliki kontrol diri yang baik. Berdasarkan tiap dimensi, diperoleh hasil bahwa dimensi temper memiliki skor mean tertinggi merupakan dimensi tertinggi dibandingkan kelima dimensi lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Riana Sahrani, M.Si.,Psi. |
Uncontrolled Keywords: | kontrol diri dan guru sekolah luar biasa |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 03:44 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 03:44 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35997 |
Actions (login required)
View Item |