Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kompetensi Guru Sekolah Luar Biasa Bagian B

Clarissa, Gloria (2022) Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kompetensi Guru Sekolah Luar Biasa Bagian B. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (241kB)

Abstract

Tugas sebagai guru Sekolah Luar Biasa bagian B bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu dibutuhkan kecerdasan emosional dan kompetensi dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik yang profesional. Upaya pengembangan kecerdasan emosional sama pentingnya dengan pengembangan kompetensi profesional seorang pendidik dalam rangka terwujudnya pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kompetensi pada guru sekolah luar biasa bagian B. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 61 orang. Pengambilan data menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa besar korelasi antara kecerdasan emosional dengan kompetensi guru adalah 0,359 dan p = 0,004 < 0,01, artinya ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kompetensi guru. Hasil penelitian ini mengarahkan pada rekomendasi peningkatan kecerdasan emosional atau kompetensi guru untuk mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Monika, M. Psi. & Dra. Ninawati, MM.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, kompetensi guru, dan guru sekolah luar biasa bagian B
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:14
Last Modified: 14 Jun 2022 03:14
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36058

Actions (login required)

View Item View Item