PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSASHAAN, INOVASI, DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA UKM BIDANG KULINER DI JAKARTA BARAT YANG DIMEDIASI OLEH KEUNGGULAN BERSAING

VERBYANI, VIRGINIA (2021) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSASHAAN, INOVASI, DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA UKM BIDANG KULINER DI JAKARTA BARAT YANG DIMEDIASI OLEH KEUNGGULAN BERSAING. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Virginia Verbyani 115170119 JA.pdf

Download (963kB)

Abstract

The purpose of this research was to determine the influence of innovation. Entrepreneurial orientation and market orientation on the competitive advantage of culinary SMEs in West Jakarta. The population in this study is culinary SMEs in West Jakarta. The sample used in this study were 52 owners/managers of culinary SMEs in West Jakarta, with the method used was non-probability sampling. This research uses PLS-SEM with the help of SmartPLS software version 3.3.3. The results of this study indicate that entrepreneurial orientation, innovation and market orientation have a positive and significant effect on competitive advantage, entrepreneurial orientation has a negative and insignificant effect on company performance, innovation and market orientation have a positive and significant influence on company performance, there is a positive influence and significant between market orientation on company performance with competitive advantage as a mediating variable, entrepreneurial orientation and innovation do not have a significant effect on company performance with competitive advantage as a mediating variable. Keywords: Entrepreneurial Orientation, Innovation, Market Orientation, Competitive Advantage, Company Perfomance. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi dan orientasi pasar terhadap kinerja UKM pada bidang kuliner di Jakarta Barat melalui keunggulan bersaing. Populasi dalam penelitian ini adalah UKM kuliner di Jakarta Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 52 pemilik/pengelola UKM kuliner di Jakarta Barat, dengan metode yang digunakan ialah non probality sampling. Penelitian ini menggunakan PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS versi 3.3.3. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa orientasi kewirausahaan, inovasi dan orientasi pasar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan, inovasi dan orientasi pasar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi, orientasi kewirausahaan dan inovasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perusahaan dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi. Kata Kunci: Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:24
Last Modified: 27 Jul 2023 08:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36215

Actions (login required)

View Item View Item