PENGARUH EFIKASI DIRI KEWIRAUSAHAAN, SIKAP KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA UKM

Suheryanto, Fadillah Akbar (2022) PENGARUH EFIKASI DIRI KEWIRAUSAHAAN, SIKAP KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA UKM. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fadillah Akbar Suheryanto 115170348 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

In running a small and medium-sized business (SME) it requires very good performance to run it, to have a good SME performance in order to have high confidence in running the business, a good entrepreneurial attitude in order to have a strong mental attitude when there is a risk and good use of social media so that you can use social media now to make transactions with consumers or market the products or services being sold. From the explanation above, it can be said that entrepreneurial self-efficacy, entrepreneurial attitude and use of social media have an influence on the performance of SMEs. The purpose of this study was to determine the effect of entrepreneurial self-efficacy, entrepreneurial attitude and use of social media on the performance of SMEs. The population used in this study is the owner of culinary SMEs in the Kelapa Gading area. The number of samples used for this study were 50 respondents using non-probability sampling for data collection and using a purposive sampling technique whose criteria were culinary SMEs in the Kelapa Gading area. The method of analysis in this study using SmartPLS software version 3.3.3. The results of this study state that entrepreneurial attitudes have a but not significant effect on the performance of SMEs, while entrepreneurial self-efficacy and the use of media have a positive and significant effect on the performance of SMEs. The results of this study are expected to provide benefits for SME owners, these benefits are useful for solving problems related to entrepreneurial self-efficacy, entrepreneurial attitudes and the use of social media on the performance of SMEs. It is expected to improve the performance of SMEs in running a business today. Keywords: Entrepreneurial self-efficacy, entrepreneurial attitude, use of social media, SME performance. Dalam menjalankan suatu usaha kecil dan menengah (UKM) itu membutuhkan kinerja UKM yang sangat baik untuk menjalankannya, untuk memiliki kinerja UKM yang sangat baik itu membutuhkan efikasi diri kewirausahaan yang baik agar memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam menjalankan usaha itu, sikap kewirausahaan yang bagus agar memiliki sikap yang mentalnya kuat ketika terjadi resiko dan penggunaan media sosial yang baik agar bisa memanfaatkan media sosial sekarang untuk melakukan transaksi dengan konsumen atau memasarkan produk atau jasa yang dijual. Dari penjelaskan diatas dapat dikatakan kalau efikasi diri kewirausahaan, sikap kewirausahaan dan penggunaan media sosial memiliki pengaruh terhadap kinerja UKM. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh efikasi diri kewirausahaan, sikap kewirausahaan dan penggunaan media sosial terdapad kinerja UKM. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemilik UKM kuliner didaerah Kelapa gading. Jumlah sampel yang digunakan untuk penelitian ini yaitu 50 responden dengan menggunakan non-probability sampling untuk pengumpulan data dan menggunakan teknik purposive sampling yang kriterianya yaitu UKM kuliner di daerah kelapa gading. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan Software SmartPLS versi 3.3.3. Hasil dari penelitian ini menyatakan kalau sikap kewirausahaan memiliki pengaruh namun tidak signifikan terhadap kinerja UKM, sedangkan efikasi diri kewirausahaan dan penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat kepada para pemilik UKM, manfaat ini berguna untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan efikasi diri kewirausahaan, sikap kewirausahaan dan penggunaan media sosial terhadap kinerja UKM. Diharapkan bisa meningkatkan kinerja UKM dalam menjalankan usahanya pada zaman sekarang. Kata Kunci: Efikasi diri kewirausahaan, sikap kewirausahaan, penggunaan media sosial, kinerja UKM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:26
Last Modified: 20 Jun 2022 07:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36338

Actions (login required)

View Item View Item