PENGARUH FRUGAL INNOVATION, STRENGTH-BASED APPROACH DAN SOCIAL MEDIA TERHADAP LONGEVITY BISNIS PADA PEMILIK BISNIS KECIL (UMKM) DI JAKARTA TAHUN 2021

CLAUDIA, MEISYA (2022) PENGARUH FRUGAL INNOVATION, STRENGTH-BASED APPROACH DAN SOCIAL MEDIA TERHADAP LONGEVITY BISNIS PADA PEMILIK BISNIS KECIL (UMKM) DI JAKARTA TAHUN 2021. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Meisya Claudia 115180072 JA.pdf

Download (827kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh frugal innovation, strength-based approach, dan social media terhadap longevity bisnis pada pemilik bisnis kecil (UMKM) di Jakarta. Subyek dari penelitian ini adalah para pemilik bisnis kecil (UMKM) di Jakarta yang sudah menjalankan bisnisnya selama paling sedikit 2 tahun dan memiliki pendapatan paling banyak 200 juta rupiah per tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner yang hasil datanya dianalisis menggunakan software Smart PLS versi 3.0. Hasil dari penelitian ini adalah frugal innovation, strength-based approach, dan social media memiliki pengaruh positif terhadap longevity bisnis. Frugal innovation memiliki pengaruh sedikit kepada longevity bisnis, strength-based approach memiliki pengaruh besar kepada longevity bisnis, dan social media memiliki pengaruh medium kepada longevity bisnis. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil dari penelitian ini adalah bagi peneliti selanjutnya untuk menambahkan sampel lebih banyak, menambah variabel lain yang memiliki pengaruh pada longevity bisnis, serta melakukan penelitian secara berkala. Bagi pemilik bisnis, saran yang dapat disampaikan adalah dengan menerapkan frugal innovation, strength-based approach, dan social media dalam operasional dan kegaitan bisnis agar dapat mencapai longevity. Kata kunci : Frugal Innovation, Strength-based Approach, Social Media, Longevity Bisnis. The purpose of this study is to examine the effect of frugal innovation, strength-based approach, and social media on business longevity on small business owners in Jakarta. The subjects of this study are small business owners in Jakarta who runs their business for at least 2 years and have yearly income maximum of 200 million rupiah. Instrument used for this study is questionnaire in which the data obtained was being analyzed with Smart PLS version 3.0. The results of this study are frugal innovation, strength-based approach, and social media have positive effects on business longevity. Frugal innovation has little effects on business longevity, strength-based approach has big effects on business longevity, and social media has medium effects on business longevity. Based on the results of this study, there are some suggestions made. First for the next researcher for adding more samples, adding more variables that have effects on business longevity, and doing the study periodically. For small business owners, the suggestions are to apply frugal innovation, strength-based approach, and social media to business’ operational activity to achieve longevity. Keywords : Frugal Innovation, Strength-based Approach, Social Media, Business Longevity

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:08
Last Modified: 21 Jun 2022 07:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36434

Actions (login required)

View Item View Item