Pengembangan Norma Instrumen Needs atau Kebutuhan Edwards Personal Preference Schedule (EPPS) (Studi pada Partisipan Dewasa Muda di Jakarta)

Christy, Grace Amelia (2022) Pengembangan Norma Instrumen Needs atau Kebutuhan Edwards Personal Preference Schedule (EPPS) (Studi pada Partisipan Dewasa Muda di Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ilovepdf_merged (20).pdf

Download (259kB)

Abstract

Edwards Personal Preference Schedule (EPPS) merupakan salah satu alat tes kepribadian yang mengukur 15 kebutuhan dasar manusia. Norma EPPS yang saat ini digunakan diterbitkan tahun 1975. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pengembangan terhadap norma alat tes EPPS berdasarkan data partisipan di tahap perkembangan dewasa muda (20 - 40 tahun) dalam 5 tahun terakhir (2010 – 2014). Penelitian ini melibatkan 805 partisipan yang berada dalam tahap perkembangan dewasa muda di Jakarta. Dalam pengambilan sampel, penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling. Pengolahan data menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan yang paling tinggi adalah achievement, intraception, nurturance, dan endurance. Sedangkan, pada kategori sedang, yaitu deference, order, exhibition, affiliation, dominance, abasement, dan change. Kebutuhan yang paling rendah, antara lain autonomy, succorance, heterosexuality, dan aggression. Setelah dilakukan perbandingan skor rata-rata dengan tahun 1975, didapatkan perbedaan yang signifikan di antara semua skor rata-rata, sehingga dibentuklah norma baru berdasarkan data partisipan dewasa muda tahun 2010 – 2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Denrich Suryadi, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Edwards Personal Preference Schedule, EPPS, dan Norma
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:57
Last Modified: 23 Jun 2022 07:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36485

Actions (login required)

View Item View Item