PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, DAN KOMPETENSI WIRAUSAHA TERHADAP KINERJA USAHA UMKM BIDANG KULINER DI KARAWANG BARAT

SHELINNA, SHELINNA (2022) PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, DAN KOMPETENSI WIRAUSAHA TERHADAP KINERJA USAHA UMKM BIDANG KULINER DI KARAWANG BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Shelinna 115180173 JA.pdf

Download (592kB)

Abstract

In this research, the author uses a variable namely Micro Small and Medium Enterprises (MSEMs) in West Karawang City which are engaged in culinary, clothing, handicrafts, and community services. The purpose of the research conducted by the author is to determine and analyze the effect of market orientation and entrepreneurship on business performance. In addition, the purpose of the research that has been carried out is to determine and analyze the influence of entrepreneurial competence on business performance. Methods are used in this research in quantitative methods in order to reach the right conclusion with data in the form of numbers. Micro Small and Medium Enterprises (MSEMs) in the culinary field in West Karawang totaling 113 respondents became the population and sample in this study. The findings of the research that has been done is that the level of market orientation has no effect on business performance, the entrepreneurial orientation construct variable has a positive but not signifikan effect on business performance, and entrepreneurial competence has a significant effect on the performance of Micro Small and Medium ENterprises (MSEMs) in the culinary field in West Karawang. Keywords: Micro Small and Medium Enterprises, Culinary, West Karawang. Dalam penelitian yang dilakukan, penulis menggunakan variabel yakni Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Karawang Barat yang bergerak dalam bidang kuliner, pakaian, kerajinan tangan, serta layanan masyarakat. Tujuan dari riset yang dilakukan oleh penulis adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh orientasi pasar dan kewirausahaan terhadap kinerja usaha. Selain itu, tujuan dari riset yang telah dilakukan adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi wirausaha terhadap kinerja usaha. Metode kuantitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian agar tercapai kesimpulan yang tepat dengan data berbentuk angka. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bidang kuliner di Karawang Barat sejumlah 113 responden menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini. Hasil temuan dari penelitian yang telah dilakukan adalah tinggi rendahnya orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap kinerja usaha, variabel konsruk orientasi kewirausahaan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja usaha, serta kompetensi wirausaha berpengaruh signifikan terhadap kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bidang kuliner di Karawang Barat. Kata Kunci: Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Kuliner, Karawang Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 30 Jun 2022 02:05
Last Modified: 30 Jun 2022 02:05
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36610

Actions (login required)

View Item View Item